SEJARAH ANAK-ANAK SOSIAL SMA 1 KENDAL 1989-1992

Percakapan tentang sejarah, seringkali menjebak kita pada pilihan apakah yang kita lakukan itu termasuk ilmiah, pseudo ilmiah, atau berbau mitologi. Tulisan sejarah kerap mengarah pada ketiga ranah ini. Di sisi lain sulit bagi penulis untuk keluar dari tema besar seperti politik, ekonomi, dan militer. Ada kalanya masyarakat menganggap produk tulisan sejarah yang keluar dari mainstream dianggap 'murtad' dan kepadanya mendapat stempel karya kacangan dan buruk.   
Membaca tulisan Sejarah Anak-Anak Sosial SMA 1 Kendal Tahun Ajar 1989-1992 setidaknya mengisyaratkan tentang pemberontakan terhadap pakem dunia sejarah. Sejarah tidak diartikan rentetan tahun dan tanggal beku yang membosankan. Sejarah lebih dari sekedar kronik. Sejarah menyajikan kumpulan cerita yang faktual dan berbicara secara apa adanya, jauh dari kupasan politik, apalagi kajian ekonomi yang serba ndakik dan sulit dipahami nalar masyarakat umum. 
Sejarah Anak-anak Sosial sejatinya adalah cerita masa lalu yang terbungkus dalam bentuk cerpen-cerpen pendek dalam format pengklipingan kisah yang lucu. Orientasi sajian buku kecil ini adalah kupasan tentang peran kecil sekelompok manusia yang kebetulan berstatus sebagai siswa SMA 1 Kendal jurusan IPS. Membaca cerita ini kita pasti ingat dengan model penceritaan Andrea Hirata dengan tetraloginya Laskar Pelangi. Tentu saja dalam buku kecil itu terdapat kelucuan-kelucuan yang hampir sama.