SEMINAR NASIONAL: PENGGALIAN SEJARAH LOKAL DAN PEMBELAJARAN SEJARAH

Untuk pertama kalinya MGMP Sejarah Kabupaten Kendal mengadakan sebuah acara yang cukup bergengsi dan ilmiah. Acara yang ditunggu-tunggu ini adalah Seminar Nasional yang bertemakan: Penggalian Peristiwa dan Nilai-Nilai Sejarah Lokal sebagai Bahan Pembelajaran Sejarah di Sekolah. Pelaksanaan kegiatan seminar ini tanggal 25 Juli 2010 di Pondok Modern Selamat jalan Soekarno Hatta Batas Sebelah Barat Kota Kendal. Pembicara dalam seminar ini adalah para guru besar yang namanya sudah tidak asing lagi, yaitu: Prof. Dr. Singgih T.S., M.Hum dari UNDIP, dan Prof. Dr. Wasino, M.Hum dari UNNES.

Sebagai moderator, menurut rencana panitia akan mendatangkan peneliti muda Fajar Nursahid, S.Sos, M.Si dari LP3ES Jakarta. Dengan demikian kegiatan ini lingkupnya sangat luas. Meskipun nantinya akan mengarah pada bagaimana sejarah lokal itu dihadapkan pada KTSP sebagai medium yang sesuai dengan harapan dan solusi pembelajaran di sekolah, namun sudah pasti diskusi akan merembet pada persoalan pendidikan, perkembangan dan dinamika sejarah lokal, serta bagaimana menyikapi materi sejarah dalam situasi bangsa yang miskin kesadaran sejarahnya ini.

Dalam seminar ini, panitia memberikan peluang bagi para peserta yang notabene adalah guru SD sampai SMA, untuk memberikan kontribusi pemikiran baik tentang peristiwa dan sejarah lokal maupun pembelajaran yang terkait dengan sejarah lokal dalam bentuk makalah seminar. Makalah ini nantinya menjadi pendamping materi yang disampaikan oleh kedua pembicara inti nanti. Bagi para guru yang sudah PNS, makalah yang sudah terseleksi tersebut nantinya bisa menjadi syarat, bukti dan bahan kenaikan kepangkatan.