DIKLAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN PENULISAN PTK SEJARAH SE-KABUPATEN KENDAL

Tanggal 19 Agustus 2010, LPM UNNES dan MGMP Sejarah SMA Kabupaten Kendal bekerja sama mengadakan diklat penulisan PTK dan pengembangan bahan ajar Sejarah untuk guru sejarah yang mengajar di SLTA dan sederajat. Tempat pelaksanaan adalah SMA Negeri 2 Kendal yang kebetulan sekolahnya terletak di tengah posisi geografis wilayah Kabupaten Kendal dan juga terdapat guru sejarah yang paling banyak di dalamnya. Latar belakang dari kegiatan ini adalah minimnya kemampuan guru sejarah dalam mengadopsi materi sejarah yang mengalami perkembangan dan perubahan serta lemahnya kesadaran meneliti dan menulis di kalangan guru sejarah pada umumnya. Oleh karena itu, diadakannya workshop yang berdasarkan rencana akan diadakan selama 3 hari ini menjadi wahana penting bagi guru sejarah SMA untuk berusaha mengikuti perkembangan jaman. Kebetulan sekali LPM UNNES yang adalam hal ini melakukan program pengabdian masyarakat menghasilkan sebuah kesepakatan untuk memberikan bantuan kepada guru-guru sejarah SMA se-Kendal agar mampu melaksanakan penelitian, kepenulisan, dan pengembangan wawasan keilmuan.

Peserta dalam kegiatan diklat ini dibatasi maksimal 40 peserta saja. Semua peserta tidak dikenai biaya sama sekali. Bahkan mendapat uang pengganti biaya konsumsi. Semuanya difasilitasi LPM UNNES. Dengan pembatasan peserta ini dimaksudkan agar semua materi dapat disampaikan secara mudah dan tutor dapat mengontrol kapasitas, kemampuan, dan keberhasilan guru dalam menyelesaikan program pelatihan yang diberikan tutor diklat PTK dan Bahan Ajar Sejarah ini. Adapaun tutornya adalah dua orang dosen UNNES yang namanya sudah tidak asing lagi di kalangan guru sejarah baik SMP maupun SMA. Mereka adalah Dra. Rr. Wahyu, M.Hum dan Drs. Nur Shodiq, M.Hum.

Sebagai sebuah kegiatan ilmiah, tentu saja bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapat dua sertifikat sekaligus. Sertifikat pertama tentang Diklat Pengembangan Bahan Ajar Sejarah, sedangkan sertifikat kedua tentang Diklat Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Sejarah. Oleh karena itu, bagi semua guru sejarah yang mengajar di bangku SMA dan yang sederajat, silahkan mendaftar secepatnya mengingat keterbatasan tempat yang disediakan. Untuk Contact person hubungi Muslichin (08564070407).