RESENSI BUKU : RUNTUHNYA HINDIA BELANDA

JUDUL                        ; RUNTUHNYA HINDIA BELANDA
TEBAL HALAMAN  ; 387
PENERBIT                 ; PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA,JAKARTA
PENGARANG           ; ONGHOKHAM
PERESENSI               : RAMADHANILA HANUN MUMTAZAH
KELAS                       : X IPS 1
SEKOLAH                 : SMA N 1 BREBES

Buku Runtuhnya Hindia Belanda yaitu buku yang menjelaskan tentang proses runtuhnya kekuasaan kolonial belanda.Sesungguhnya awal dari proses runtuhnya kekuasaan kolonial Belanda diindonesia telah Nampak sejak permulaan abad ini,ketika benih - benih nasionalisme Indonesia modern mulai nampakkan dirinya.Proses itu makin nyata pada pertengahan 1920-an hingga awal 1940-an dengan munculnya aspirasi dan gerakan – gerakan nasionalis yang dengan tegas menuntut kemerdekaan Indonesia. Situasi internasional yang ditandai oleh perang Dunia II dimana jepang mengambil alih kekuasaan Belanda di Indonesia selama tiga setengah tahun hanyalah merupakan faktor yang mempercepat proses keruntuhan tersebut yang sudah berakar jauh sebelumnya.
Dalam buku ini menjelaskan berbagai faktor yang memengaruhinya ,baik faktor dalam negeri Indonesia maupun faktor – faktor Internasional termasuk juga perkembangan politik dinegeri belanda sendiri.

Buku ini juga menampilkan berbagai persoalan yang terjadi sebelum runtuhnya Hindia Belanda. Seperti pemerintah Hindia Belanda selalu waspada dan khawatir akan kemungkinan serbuan dari jepang, tuntunan – tuntunan dan aksi gerakan rakyat Indonesia yang berpuncak pada pemberontakan 1926 – 1927 serta aksi PNI dibawah Ir.Soekarno dan perhimpunan Indonesia dibawah Hatta CS yang menyebabkan kekecewaan dikalangan belanda liberal dan etis, perbedaan antara sifat pergerakann1930an – 1940an, pemerintah sebagai gaste membentuk komisi visman untuk mengumpulkan pendapat – pendapat dan cita – cita politik sosial dll dari masyarakat sehingga menghasilkan satu laporan dalam dua jilid setebal 700 halaman.


KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

1.KEKURANGAN
Tidak ada pengantar dari ahli untuk menjelaskan secara singkat mengenai isi dari buku ini

2.KELEBIHAN
-Dilengkapi dengan gambar
-Memberikan pemahaman bagi pembaca mengenai munculnya asperasi – asperasi nasionalisme Indonesia dan gerakan – gerakan nasionl tahun 1920-an dan 1970-an.