Bagaimana dan Cara Menghadapi Supervisi dari Kepala Sekolah dan Pengawas

Bagaimana dan Cara Menghadapi Supervisi dari Kepala Sekolah dan Pengawas
Assalamualaikum, dalam kesempatan ini akan (mungkin) sharing bagaimana cara menghadapi supervisi akademik di kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah. 

Supervisi akademik sudah tidak asing bagi  kebanyakan guru. 

Tapi ada juga yang masih belum tahu apa supervisi akademik tersebut dengan alasan karena masih guru baru, karena kepala sekolah yang tidak mensupervisi dan lain-lain sebagainya.

Dengan adanya artikel ini mudah-mudahan memberikan informasi apa itu supervisi pembelajaran dan bagaimana cara menyiapkan supervisi akademik. 

Dengan demikian ketika akan disupervisi oleh kepala sekolah dan pengawas, guru sudah siap untuk disupervisi.


Supervisi akademik merupakan bantuan  dalam pengembangan pembelajaran di kelas secara khusus dan di sekolah secara umum supaya mendapatkan pembelajaran yang lebih baik. 

Tujuan dari supervisi akademik ini untuk menggambarkan kondisi dan situasi penguasaan materi pembelajaran dan pengelolaan di ruang kelas. 

Sedangkan manfaat dari supervisi akademik adalah bagi sekolah untuk memetakan kondisi kompetensi guru. 

Sedangkan untuk guru yang disupervisi dengan adanya supervisi akademik memberikan feedback terhadap dirinya agar meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya sebagai guru.

Mungkin, kebanyakan guru-guru ketika mendengar kata supervisi akademik merupakan hal yang kurang mengenakan bahkan menakutkan


Itu mungkin dikarenakan tidak terbiasa diamati atau diobsevasi oleh atasannya, serta bagi guru-guru muda dan baru merupakan hal yang baru terasa berat.

Pada dasarnya kembali kepada diri sendiri bagaimana cara menghadapi supervisi akademik agar lancar dan bagus. 

Jika kita menganggap supervisi akademik tersebut beban maka kita pasti akan terbebani karena kita sudah memberikan sugesti kepada diri kita bahwa supervisi akademik tersebut susuh dan sulit.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menghadapi supervisi dari kepala sekolah atau pengawas. 


Bagaimana dan Cara Menghadapi Supervisi dari Kepala Sekolah dan Pengawas

Tips dalam menghadapi supervisi dari kepala sekolah dan pengawas yaitu:
  1. Tanamkan dalam hati kita bahwa supervisi itu mudah dan tidak menakutkan serta sebagai bahan evaluasi diri kita.
  2. Jangan takut salah, semua orang pasti melakukan kesalahan apalagi dalam pelaksanaan kegiatan supervisi akademik, kita sebagai guru tidak bisa menjadi guru yang sempurna, tapi dengan kesalahan yang kita lakukan dalam pelaksanaan supervisi kita menjadi tahu kekkurangan dan kelebihan yang dimiliki.
  3. Jika jadwal supervisi sudah dijadwalkan, aturlah kegiatan kita untuk menyiapkan supervisi seperti perangkat pembelajaran, metode yang digunakan dan model pembelajaran apa sesuai dengan materi yang kita ajarkan
  4. Persiapakan dan susunlah semua perangkat pembelajaran kita supaya pada saat pelaksanaan supervisi akademik.
  5. Mintalah kepada teman sesama guru yang sama mengampu mata pelajaran yang untuk berdiskusi tentang persiapan supaya kita mendapat masukan yang positif.
  6. Bertanya dan mintalah bimbingan guru-guru yang senior dan ahli dalam pengelolaan kelas.
  7. Sehari atau dua hari sebelum pelaksanaan temuilah kepala sekolah sekaligus membawa perangkat yang kita buat dan susun sebelumnya agar diperiksa ditandatangani beliau.
  8. Jika ada perbaikan secepatnya kita memperbaiki yang dirasa kurang oleh kepala sekolah
  9. Setelah selesai dan mendapatkan tandatangan kepala sekolah, tidak salahnya kita membuka lagi perangkat pembelajaran kita apakah sudah siap semua
  10. Siapkan meja kursi untuk para supervisor (kepala atau pengawas)
  11. Pada saat kegiatan supervisi siapkan diri dan berdoa agar kegiatan kita pada hari itu berjalan dengan lancar.
  12. Yang terakhir pada saat kegiatan supervisi, anggaplah bahwa kita sedang mengajar sebagaimana biasa dan alihkan fokus kita hanya pada peserta didik dan materi yang sedang kita ajarkan.
  13. Hal yang perlu dipahami dalam supervisi akademik adalah supervisi akademik merupakan salah satu tugas yang melekat di jabatan kepala sekolah. Jadi jika kita menjadi guru pasti akan disupervisi oleh atasan kita minimal satu kali dalam satu tahun pelajaran.

Demikian artikel singkat ini bagaimana cara menghadapi supervisi akademik di sekolah. 

Semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pendidikan bagi kita semua. Amin.

Berikut ini bagaimana cara kita menghadapi supervisi akademik yang ada di sekolah.