Penyusunan Kisi-kisi Soal HOTS yang Benar

Assalamualaikum, bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai guru, maka tidak asing dengan istilah kisi-kisi soal. dengan adanya kisi-kisi soal ini akan membantu rekan-rekan guru untuk menyusun dan membuat soal yang berkualitas.

Tapi kali ini bukan saja membahas tentang kisi-kisi soal biasa tapi kisi-kisi soal HOTS (High Order Thinking Skills). Tidak panjang lebar silakan bagi rekan-rekan untuk membaca artikel ini dan semoga dengan adanya artikel ini memudahkan kita untuk membuat atau menyusun kisi-kisi soal yang Hots.

Berikut ini contoh format kisi-kisi soal. Mari sama-sama kita pelajari materi ini dengan saksama.


Penyusunan Kisi-kisi Soal HOTS yang Benar





Siapkan terlebih dahulu KD mata pelajaran dan buku-buku referensi yang relevan,serta sangat dianjurkan agar Anda terhubung dengan internet. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda mengunduh stimulus yang kontekstual sesuai dengan materi yang akan Anda ujikan. 

Selanjutnya isilah kolom-kolom pada Format 1 kisi-kisi yang telah disediakan. Untuk menghasilkan produk (hasil kerja) seperti pada Format 1 di bawah ini, ikuti satu persatu instruksi kerja berikut.
  1. Isilah nomor urut yang sesuai.
  2. Pada kolom Kompetensi Dasar, isilah dengan KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS.
  3. Tuliskan materi pokok pada kolom Materi, yang terkait langsung dengan materi yang akan diujikan.
  4. Isilah kolom Kelas/Semester, sesuai dengan KD yang dipilih pada kelas/semester tertentu.
  5. Pada kolom Indikator Soal, isilah dengan indikator soal yang diturunkan dari KD. Indikator soal yang lengkap umumnya memuat komponen ABCD, yaitu Audience (siswa), Behavior (kemampuan yang akan diukur), Condition (stimulus), dan Degree (derajat ketepatan). Contoh: Disajikan wacana kontekstual tentang bencana alam, siswa dapat merancang strategi yang tepat untuk mengatasi bencana alam tersebut.
  6. Pada kolom Level Kognitif, diisi dengan Penalaran (yang mencakup dimensi proses berpikir Mengalisis-C4, Mengevaluasi-C5, atau Mengkreasi-C6).
  7. Pada kolom Bentuk Soal, diisi dengan Pilihan Ganda atau Uraian sesuai dengan bentuk soal yang akan digunakan.
  8. Kolom Nomor soal disesuaikan berdasarkan nomor urut soal.
Demikian bagaimana cara membuat atau menyusun kisi-kisi soal yang Hots.