Apa yang Dimaksud dengan Kalender Pendidikan?

Ketika tahun pelajaran akan dimulai biasanya pada pertengahan bulan juli guru-guru akan disibukan dengan kegiatan awal tahun.
Ketika tahun pelajaran akan dimulai biasanya pada pertengahan bulan juli guru-guru akan disibukan dengan kegiatan awal tahun. 

Di awal tahun pelajaran guru-guru diminta untuk menyiapkan perangkat dan administrasi pembelajaran agar dalam pelaksanaan program pembelajaran berjalan sesuai harapan.

Salah satu yang ditunggu-tunggu oleh guru-guru adalah kalender pendidikan. Kalender pendidikan sangat penting dalam menyusun dan membuat administrasi pembelajaran. dengan adanya kalender pendidikan tersebut guru-guru dimudahkan dalam menyusun dan membuat administrasi.

Dalam kalender pendidikan itu berfungsi sebagai pengatur waktu dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Pengaturan waktu dalam kalender pendidikan mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.

Pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran dalam satu tahun pelajaran adalah sebagai berikut:

A. Permulaan Tahun Pelajaran

Permulaan tahun pembelajaran dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli, atau apabila hari tersebut merupakan hari libur, maka permulaan tahun pelajaran dimulai pada hari berikutnya yang bukan hari libur. 

Hari-hari pertama masuk sekolah berlangsung selama 7 (tujuh) hari dengan pengaturan sebagai berikut Kelas X  melaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS)  

B. Waktu Belajar

Waktu belajar dengan menggunakan sistem semester dalam satu tahun pelajaran dibagi menjadi dua semester. Semester pertama dimulai pada bulan Juli sampai bulan Desember dan semester kedua dimulai pada bulan Januari sampai bulan Juni.

Kegiatan pembelajaran di sekolah dilaksanakan selama enam hari dari hari Senin sampai hari Sabtu tapi bagi yang melaksanakan full day dari hari Senin sampai hari Jumat, yaitu Sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, waktu pembelajaran efektif belajar ditetapkan sebanyak 34-38 minggu untuk setiap tahun pelajaran.

C. Minggu Efektif dan Tidak Efektif

Untuk penjelasan tentang minggu efektif dan tidak efektif bisa dilihat link di bawah ini

D. Kegiatan Tengah Semester

Kegiatan tengah semester direncanakan selama 6 (enam) hari.Kegiatan tengah semester akan diisi oleh peserta didik untuk mengadakan Pekan Olah Raga (POR) dan Pentas Seni (Pensi).

E. Libur Sekolah

Hari libur sekolah adalah hari yang tidak ada proses pembelajaran di kelas atau di sekolah.
Penentuan hari libur memperhatikan ketentuan dari
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan. 
  • Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dalam hal penentuan hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.

F. Jadwal Kegiatan 

Contoh rencana kegiatan sekolah tahun pelajaran adalah bisa dilihat di bawah ini

JADWAL KEGIATAN TAHUN PELAJARAN

APA YANG DIMAKSUD DENGAN KALENDER PENDIDIKAN?

Demikian artikel yang sederhana tentang apa yang dimaksud dengan kalender pendidikan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Amin.