Materi Teks Cerita Sejarah dalam Bahasa Indonesia

Teks Cerita Sejarah Assalamualaikum, selamat berjumpa lagi di kesempatan ini kami akan menulis artikel yang berjudul "Teks Cerita Sejarah". artikel ini merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas XII (dua belas) SMA/MA. Materi ini kami pilih karena materi yang menarik, kenapa kami katakan menarik karena secara tidak langsung kita belajar bahasa Indonesia ternyata kitapun belajar sejarah.

Kemudian dengan adanya artikel ini mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. kami berharap dengan menulis artikel ini bagi para pelajar mereka yang suka sekali dengan gadget bisa membaca dan mempelajari materi-materi di sekolah lewat gadgetnya.

Pengertian teks cerita sejarah
Kata sejarah berasal dari bahasa arab yaitu Syajaratun yang artinya adalah pohon. kata pohon dikaitkan dengan silsilah asal-usul keluarga raja. Pohon menunjukkan perkembangan dari yang hanya batang pohon yang biasa akarnya sedikit berkembang menjadi sebuah pohon yang mempunyai akar yang banyak.

Baca JugaCara Menulis Surat Lamaran Yang Baik Dan Benar

Teks cerita sejarah adalah teks narasi atau cerita yang direka yang dimasukkan unsur-unsur nyata sejarah di dalamnya. Unsur-unsur nyata itu bisa berupa tokoh, nama tempat, dan peristiwa. 

Ciri-ciri cerita atau novel sejarah
Ada beberapa ciri dalam cerita atau novel sejarah yaitu:

  1. berlatar masa lalu.
  2. ceritanya disajikan secara runtut.
  3. menggunakan kata sambung temporal.
  4. isi cerita bisa berupa fakta, tapi ada juga yang berupa fiksi berlatar cerita fakta.

Jenis teks cerita sejarah
Ada dua jenis teks cerita sejarah, yaitu teks cerita yang didasari fakta sejarah, dan teks cerita sejarah yang di dalam ceritanya fiksi (rekaan).


  1. Teks cerita yang didasari fakta sejarah, yaitu cerita yang ditulis dan disusun berdasarkan fakta dalam sejarah. Tokoh dalam teks cerita sejarah ini memang ada.
  2. Teks cerita sejarah yang di dalam ceritanya fiksi (rekaan), yaitu cerita rekaan yang diambil dari sejarah bisa berupa latar peristiwa masa lalu. Tokoh yang ada di dalam teks cerita sejarah ini bersifat fiktif, tapi latar dan waktu kejadian  yang digunakan adalah berupa fakta sejarah. 

Baca Juga:Surat Keterangan Tidak Mampu atau Miskin

Struktur cerita sejarah
Cerita sejarah bisa dikisahkan dalam dalam bentuk karya sastra. Teks cerita sejarah memiliki bentuk struktur yaitu ringkasan atau inti cerita, Pembuka cerita atau pengenalan tokoh dan latar cerita, komplikasi atau tahapan-tahapan peristiwa, klimaks atau puncak konflik permasalahan dalam cerita, resolusi atau peleraian dan penyelesaian cerita, dan yang terakhir adalah koda yaitu bagian akhir cerita biasanya diisi dengan pesan moral oleh pengarangnya. 

Fungsi teks cerita sejarah
Fungsi teks cerita sejarah untuk para pembacanya adalah
  1. sebagai sarana rekreasi bagi pembaca
  2. sebagai inspirasi bagi pembaca
  3. sebagai alat bantu dalam pembelajaran
  4. sebagai suri tauladan bagi pembaca