Permasalahan Apa Saja yang Terdapat dalam Pendidikan

Permasalahan dalam Pendidikan. Para pendiri bangsa kita Bangsa Indonesia berupa ingin kelak bangsa Indonesia ini melalui pemerintah menjadi bangsa yang maju, sejahtera, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta dalam pelaksanaan ketertiban dunia. 

Kalimat di atas merupakan suatu tugas yang diberikan kepada pemerintah yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi: mencerdaskan kehidupan bangsa.
Di dalam pembukaan UUD 1945 tersebut ada satu pokok pikiran yang sekarang masih banyak belum dirasakan oleh masyarakat. Satu pokok pikiran itu adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Baca Juga 10 Macam Adab Tata Krama yang Perlu Diajarkan di Dalam Keluarga

Kita semua telah mengetahui dan memahami bahwa suatu bangsa bisa dikatakan maju jika bangsa tersebut memiliki pendidikan yang baik dan maju bagi rakyatnya. Lalu kenapa pendidikan menjadi salah satu aspek dikatakan bahwa indikator bangsa maju itu dilihat dari pendidikannya yang baik dan maju.

Berkaitan dengan pendidikan, mungkin banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan supaya bangsa kita dari tingkat pendidikannya meningkat. 

Dengan meningkatnya tingkat pendidikan otomatis kualitas kehidupan bangsa juga akan meningkat dan bisa bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Jika dilihat secara umum setiap hal kehidupan kita pasti mempunyai permasalahan. Begitu jua dengan pendidikan yang saat ini kita rasakan ada permasalahan-permasalahan yang kita hadapi. 

Tapi saya berkeyakinan bahwa Indonesia mampu mengatasi permasalahan tersebut dan akan menjadi bangsa yang maju dalam segala hal khususnya dalam hal pendidikan.

Permasalahan yang kita rasakan saat ini meliputi dua aspek yaitu
  1. Bagaimana semua warga negara menikmati kesempatan pendidikan
  2. Bagaimana pendidikan dapat membekali seseorang dengan keterampilan kerja yang mantap untuk terjun ke dalam kancah kehidupan bermasyarakat.
Dua permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang menjadi pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan. Kemudian bagaimana caranya agar permasalahan tersebut bisa diselesaikan agar masyakat bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan bisa jadi bekal dalam mengarungi kehidupan di masyarakat.

Ada beberapa solusi yang dapat kita kerjakan untuk setidaknya dapat mengurangi permasalahan pendidikan, yaitu menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat memperoleh pendidikan bagi warga masyarakat secara konvensional yaitu
  1. Membangun gedung dan ruang-ruang kelas
  2. Menggunakan sekolah dengan double shift
  3. Sistem guru kunjung
  4. Paket  A, B dan C
  5. SMP sederajat dan SMA sederajat terbuka
  6. Menjadikan guru yang inovatif
Mudah-mudahan dengan terpenuhinya beberapa kekurangan di atas dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendapat pendidikan yang baik dan menjadikan masyarakat dan bangsanya maju amin.