Pembelajaran Sejarah : PUSH RANK soal sejarah dengan metode QUIZIZZ

Pembelajaran Sejarah ter-mindset-kan dengan pembelajaran yang mengantukan. Mungkin kebanyakan guru sejarah bingung untuk mencari metode pembelajaran yang disukai siswa atau memang guru sejarahnya malas untuk mencari pembelajaran yang lebih kekinian. Nah disini saya ingin ikut memberikan suatu ide pembelajaran dengan cara Push Rank. Eit, bukan push rank Mobile Legend ya, tapi push rank dengan cara siswa mengerjakan soal-soal materi sejarah yang sedang diajarkan dan yang telah dibuat oleh guru.
Pembelajaran Sejarah : PUSH RANK soal sejarah dengan metode QUIZIZZ

Bagaimana sih caranya? Caranya dengan menggunakan QUIZIZZ
Lalu apa itu quizizz ? Quizizz merupakan sebuah web tool  untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif  yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Bila pembuatan kuis sudah jadi, kita dapat membagikan kode ke siswa agar siswa dapat login ke kuis tersebut.

Berikut cara pemakaiannya
1. Masuk ke www.quizizz.com lalu klikà” Sign Up”
2. Pilih “ sign up with email” atau “ sign up with google”
3. Klik “Teacher” jika ingin login sebagai guru
4. Masukkan identitas ( Username, email, dan password) à Continue
5. Jika sudah masuk, buatlah kuis dengan cara mengklik “ create new quiz” pada bagian kiri atas.
6. Akan muncul tampilan Let’s create a quiz : Masukkan nama kuis, bahasa lalu klik “ save”
7. Akan muncul tampilan selanjutnya lalu klik “ Create new question”
8. Masukkan pertanyaan pada kolom “ Write your question here” lalu masukkan opsi jawaban ( jika menggunakan pilihan ganda) pada kolom “ Answer option 1, answer option 2, dan seterusnya”
9. Beri centang pada bagian kolom jawaban yang benar, atur durasi pengerjaan dalam satu soal, lalu klik à “ save”
10. Jika sudah menulis semua kuis, klik “ Finish Quiz”
11. Maka akan muncul tampilan Quiz Detail ( atur kelas berapa kuis itu ingin ditujukan dan mata pelajaran apa yang digunakan) lalu klik à “save details”
12. Akan muncul tampilan selanjutnya, pilih “ Homework” jika ingin digunakan sebagai PR dan pilih “ Play Live” jika ingin digunakan sebagai mulai sekarang.
13. Masukkan deadline pengerjaan (atur tanggal dan jam) lalu klik “ Procced”
14. Akan muncul tampilan selanjutnta yaitu kode yang digunakan untuk masuk dalam pengerjaan kuis.

Cara mengerjakan kuis :
1. Siswa membuka link https://join.quizizz.com
2. Siswa memasukkan 6 digit kode yang diberikan oleh guru lalu klik à “Proceed”
3. Siswa memasukkan nama mereka masing-masing lalu klikà” start”
4. Siswa mengerjakan kuis tersebut dengan waktu setiap soal 20 detik (sesuai dengan aturan guru) tergantung berapa waktu yang diberikan guru pada soal yang dibuat
Cara mengerjakan quizizz

Keterangan kuis :
Setiap siswa selesai menjawab pertanyaan dengan benar maka akan muncul berapa point yang didapatkan dalam satu soal dan juga mendapat ranking berapa dalam menjawab soal tersebut.
Jika siswa menjawab salah pertanyaan tersebut, maka akan muncul jawaban yang benar/ correct.
Jika selesai mengerjakan kuis, pada akhir kuis akan ada tampilan Review Question untuk melihat kembali jawaban yang kita pilih.
Dalam pengerjaan kuis, setiap siswa mendapatkan daftar pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk Homework/PR sehingga daftar soalnya diacak dan setiap siswa, soal yang muncul berbeda-beda

Nah, dari pembelajaran yang sudah saya gunakan ini respons dari siswa sangat antusias. Hal ini membuktikan kalua siswa sangat enjoy dengan pembelajaran sejarah dengan menggunakan quizizz ini. Sekian semoga apa yang saya share bisa bermanfaat. Salam sejarah…!!!1