Perlukah seorang guru memiliki gadget yang mahal?

Zaman sekarang jika berbicara tentang teknologi maka yang terbayang di kepala kita adalah alat komunikasi yang sangat canggih. Mulai dari handphone yang bagus dari spesifikasinya dan harganya selangit. 

Dan bukan itu saja tetapi dengan kecanggihannya membuat seseorang dimudahkan dalam membantu kesehariannya. Kemudian kemudahan yang didapat adalah menjadikan pekerjaan yang awalnya memerlukan waktu yang lama tetapi sekarang tidak lagi.

Pada kesempatan ini saya ingin menulis tentang perlukah seorang guru memiliki gadget yang mahal. Pertanyaan ini menghampiri saya ketika di perjalanan menuju ke rumah tidak sengaja melihat iklan baliho besar tentang salah satu gadget ternama dan harganya sangat mahal untuk ukuran dompet saya. Harga yang ditawarkan sama dengan satu buah sepeda motor baru.


Memang zaman sekarang gadget yang kelas flagship harganya sangat mahal bagi memiliki kantong yang pas-pasan. Tetapi kali ini saya tidak membahas tentang gadget karena mungkin saja para pembaca artikel ini lebih memahami daripada saya tentang gadget. 

Sebagai seorang pengajar di zaman sekarang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi. Dan kadang-kadang kita dipaksa untuk mengerti dan paham tentang dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Atau biasanya di dalam bahasa Inggris di kenal dengan  Information and Communication Technologies, jika di singkat ICT.

Menjawab pertanyaan dari judul di atas perlu dilihat dari sudut pandang dimana menilainya. Karena perlu atau tidaknya sebuah gadget yang mahal untuk dipakai oleh seorang guru. Di sini saya bagi dua bagian dan ini merupakan pendapat pribadi serta bisa saja berbeda pendapat dengan saya.

Melanjutkan pembahasan awal. Ada beberapa alasan jika guru perlu gadget mahal adalah sebagai:
  • Jika guru yang mengajar di sekolah yang terbilang elit dan siswanya melek terhadap TIK maka bisa saja guru perlu gadget mahal untuk mengimbangi siswanya.
  • Jika guru yang suka mengajar dengan bantuan teknologi yang tinggi maka memang perlu gadget yang mahal untuk menunjang kegiatannya dalam pembelajaran di kelas.
  • guru yang memerlukan gadget yang mahal karena ingin dipandang oleh orang sebagai seseorang yang mapan.
Guru tidak perlu gadget mahal karena:
  • guru yang bersangkutan merasa dengan gadget yang biasa-biasa saja sudah mampu dan mumpuni untuk membantu pekerjaan sehari-hari.
  • guru yang bersangkutan merasa bahwa pendapatan perbulan masih digunakan untuk hal-hal yang unrgent atau penting.
  • bisa saja guru yang merasa tidak perlu gadget yang mahal akan khawatir dengan gadget yang dibelinya karena takut rusak, layanan servisnya susah dicari dan jauh dari tempat tinggal.
dari beberapa alasan baik yang pro atau kontra, perlu diberi catatan yaitu
  • kita sebagai guru alangkah baik untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai pengajar.
  • bijaklah dalam menggunakan gadget agar bermanfaat untuk kita dan orang lain
  • sesuaikan dengan kantong kita agar tidak terjadi seperti pepatah "besar pasak daripada tiang" dan "gali lubang tutup lubang".
Demikian yang bisa saya tulis semoga bermanfaat untuk kita semua. amin.