Cara Membuka Rekening Giro untuk Sekolah

Akan datang  pemerintah ingin mekanisme transaksi keuangan untuk sekolah  menggunakan rekening giro seperti pencairan dana BOS atau dana yang berasal dari pemerintah daerah.

Mekanisme ini merupakan upaya untuk mempermudah administrasi di sekolah Dan sekarang sudah dilaksanakan di tiap masing-masing sekolah.

Salah satu keuntungan dari penggunaan rekening giro adalah mempermudah dan mengefektifkan untuk para bendahara di sekolah dalam menyusun dan membuat laporan keuangan.

Jika kita perhatikan ketika menggunakan rekening biasa, ada biaya-biaya administrasi dan bunga yang terikat di dalamnya.

Dan biaya administrasi ini yang sedikit menyulitkan bendahara dalam pencatatan masuk dan keluarnya biaya.

Nah dengan menggunakan rekening giro maka para bendahara tidak lagi memikirkan berapa biaya administrasi bank yang dicatat dan berapa bunga bank yang masuk ke dalam rekening.

Dengan demikian para bendaraha sangat dimudahkan dalam menyusun dan membuat laporan keuangan.


Lalu bagaimana caranya membuka rekening tabungan giro untuk sekolah atau mengganti rekening yang lama dengan rekening giro yang baru.

Jika Anda ingin mengurus perubahan atau membuka rekening tabungan giro. Anda perlu menyiapkan beberapa berkas untuk mengurus rekening giro ini.

Cara Membuka Rekening Giro untuk Sekolah

Tabungan rekening giro
Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara membuka rekening tabungan giro untuk sekolah:

  1. Buatlah surat permohonan pembukaan atau perubahan rekening biasa menjadi rekening giro yang di tandatangani kepala sekolah.
  2. Siapkan NPWP dan KTP kepala sekolah dan bendahara baik yang asli maupun fotokopinya.
  3. Jika sekolah yang Anda kelola adalah sekolah swasta atau milik yayasan maka perlu disiapkan SK/AD RT Yayasan yang berlaku dan disahkan oleh pemerintah.
  4. Siapkan juga buku rekening yang ingin diganti.
  5. Yang terakhir, jangan sampai ketinggalan cap stempel sekolah.

Demikian tentang bagaimana cara membuka rekening tabungan giro untuk sekolah.

Semoga bermanfaat dan selalu menambah pengetahuan dan wawasan kita. Jika berkenan silakan untuk dibagikan kepada teman dan sahabat Anda. Terima kasih.


Lihat Juga