Contoh Proposal Kegiatan di Sekolah dan Cara Mudah Membuatnya

Proposal Kegiatan ditulis bertujuan untuk diajukan kepada pihak yang berwenang agar mendapat persetujuan. 

Berikut Macam-macam proposal kegiatan di sekolah. Proposal yang disampaikan nantinya akan diberikan balasan tertulis yang berisi persetujuan, saran perbaikan sebelum disetujui atau penolakan atas proposal yang diajukan.

Jika Anda ingin membuat proposal kegiatan maka perlu diketahui strukturnya agar proposal yang dibuat dan disampaikan terlihat rapi dan tentunya diterima serta langsung di setujui oleh pihak yang berwenang.

Berikut ini kami ingin berbagi sedikit tentang bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang sering dikerjakan di sekolah. Ayo kita pelajari bersama-sama semoga nanti proposal yang diajukan diterima dan disetujui.

Proposal Kegiatan di Sekolah dan Cara Mudah Membuatnya

Proposal Kegiatan di Sekolah dan Cara Mudah Membuatnya
Contoh Proposal Kegiatan di Sekolah dan Cara Mudah Membuatnya

Struktur Proposal Kegiatan

Adapun struktur proposal kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Halaman judul
  2. Latar belakang
  3. Tujuan kegiatan
  4. Nama dan tema kegiatan
  5. Bentuk Kegiatan
  6. Peserta
  7. Waktu dan tempat kegiatan
  8. Penyelenggara atau panitia
  9. Jadwal kegiatan
  10. Rancangan anggaran
  11. Penutup
  12. Lampiran-lampiran

Contoh-contoh Proposal Kegiatan

Berikut ini ada beberapa contoh proposal kegiatan yang sering dibuat di sekolah. Silakan dipelajari dan diterapkan di sekolah Anda masing-masing.


Proposal Kegiatan OSIS

1. Latar Belakang
Salah satu program kerja yang sudah direncanakan oleh OSIS MAN adalah mengadakan Class Meeting. 

Kegitan ini bertujuan untuk hiburan dan sekaligus sebagai refreshing  bagi siswa yang sudah melaksanakan ujian akhir semester ganjil serta dapat mengisi waktu luang dan mempererat tali silaturahmi sesama peserta didik.

Kami selaku OSIS MAN tahun 2019-2020 ingin melaksanakan kegiatan yang sudah disebutkan di atas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk wadah untuk mengisi waktu luang para peserta didik dan memberikan pengalaman yang berharga bagi anggota OSIS yang selaku panitia pelaksana.

Dari paparan di atas ada banyak hal yang positif untuk para peserta didik. Dalam proposal ini dijelaskan secara rinci kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan berlangsung. 

Dan dengan demikian kami berkeinginan mengajukan sebuah proposal yang berjudul "Proposal kegiatan Class Meeting MAN".

Selengkapnya silakan Download di sini

Proposal Kegiatan Penggalangan Dana

1. Judul
Proposal Kegiatan Penggalangan Dana

2. Latar Belakang
Desa Tatah Maju merupakan desa yang saat ini untuk berada di wilayah yang strategis dalam jalur ekonomi. 

Jalan yang dilintasi oleh para pengendara baik roda dua maupun roda empat silih berganti. Karena jalan yang sering lintasi maka prekonomian masyarakat Desa Tatah Maju pun ikut berdampak. 

Tetapi seiring ramainya lalu lintas di Desa Tatah Maju mengakibatkan cepat rusaknya jalan dan mengakibatkan seringnya terjadi kecelakaan.

Kami dari warga Desa Tatah Maju yang saat ini merasakan langsung akibat dari kerusakan jalan di desa kami. 

Kami berusaha berusaha memperbaiki jalan rusak tersebut dengan bersama-sama warga desa Tatah Maju tetapi hasilnya belum memuaskan karena terhalang biaya untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan.

Proposal Kegiatan Event Ulang Tahun Sekolah

1. Judul
Proposal Kegiatan Penggalangan Dana

2. Latar Belakang
Tidak terasa SMA Negeri 1 Kota Baru telah mengabdikan dirinya di bidang pendidikan selama 50 tahun. 

Dan ini jika diibaratkan merupakan usia yang matang dan panjang untuk sebuah lembaga pendidikan. SMA Negeri 1 Kota Baru telah terbukti bisa berkembang dan maju serta mempertahankan kepercayaan masyarakat dan pemerintah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal.

Proposal Kegiatan Perkemahan PMR

1. Judul
Proposal Perkemahan PMR Persami (Sabtu-Minggu)


2. Latang Belakang

keberadaan kegiatan ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) sebagai salah satu wadah pengembangan bakat dan minat peserta didik di sekolah yang berperan penting untuk meningkatkan mutu keterampilan peserta didik.



Melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR ini diharapkan permasalahan minimnya pengembangan bakat dan minat dapat disalurkan secara tepat dan berdayaguna untuk akan datang. Salah satu program pengembangan dari PMR ini adalah perkemahan.


Proposal Kegiatan Pengadaan Alat

Proposal Proposal Kegiatan Perkemahan Pramuka

Proposal Kegiatan Pelatihan Desain Grafis

Demikian artikel tentang proposal kegiatan dan cara mudah membuatnya. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.