Teks Negosiasi: Pembahasan Lengkap Beserta Contohnya

Teks negosiasi. Pernahkah kamu melihat dan mendengarkan orang sedang tawar dan menawar harga di pasar.

Atau Kamu sendiri pernahkan melakukan tawar menawar barang yang ingin dibeli? Nah proses tawar menawar itu disebut dengan negosiasi.

Berikut ini kita akan belajar tentang teks negosiasi. Perhatikan contoh teks negosiasi antara guru dan siswa berikut ini

Siswa : Selamat pagi bu.

Ibu Guru : Selamat pagi, Ada yang bisa ibu bantu nak?

Siswa : Begini bu, saya mau minta izin untuk tidak masuk kelas selama seminggu.

Ibu Guru : seminggu? Dalam rangka apa kamu minta izin selama seminggu?

Siswa : Anu bu, saya ingin menjenguk nenek di desa karena sudah 2 bulan tidak ke sana.

Ibu guru : Oh begitu, Maaf ya nak kalo untuk izin seminggu ibu tidak bisa mengizinkan.

Siswa : Mohon bu izinkan saya untuk tidak masuk kelas dalam seminggu karena sudah lama tidak ke rumah nenek.

Ibu Guru : Maaf ya nak tidak bisa. Kalau kamu seminggu izin kamu pasti akan ketinggalan pelajaran.

Siswa; : Kalau tiga hari saja bisa bu. Mohon bu untuk mengizinkan saya.

Ibu Guru : Baiklah, tapi izin cuma tiga hari dan jangan sampai telat masuk sekolah ya.

Siswa : Baik bu, terima kasih sudah mengizinkan saya.

Ibu guru : sama-sama.

Teks Negosiasi: Pembahasan Lengkap Beserta Contohnya
Teks Negosiasi: Pembahasan Lengkap Beserta Contohnya

Dari teks di atas apakah kamu memahami apa itu teks negosiasi? Mari kita pelajari lebih lanjut tentang teks negosiasi di bawah ini:

Pengertian teks negosiasi

Negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain.  

Atau Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda.

Jika diperhatikan contoh teks negosiasi di atas. Teks negosiasi tidak hanya untuk tawar menawar saja tetapi juga tawar menawar hal lain untuk mencapai kesepakatan bersama.

Tujuan Teks Ngosiasi

Adapun tujuan dari teks negosiasi adalah
  • bertujuan capainya kesepakatan antara dua belah pihak dan dapat saling menerima.
  • bertujuan tercapainya penyelesaian masalah atau jalan keluar suatu masalah yang dihadapi bersama.
  • terjadinya saling menguntungkan dan tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.


Manfaat teks negosiasi

Manfaat dari mempelajari teks negosiasi ini adalah dapat mencapai sebuah kesepakatan dengan orang lain. Kemudian dapat melatih kemampuan komunikasi kita dengan orang lain atau berinteraksi dengan orang lain dengan baik.

Struktur teks negosiasi

Struktur teks negosiasi dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:

Orientasi

Struktur ini merupakan bagian awal dalam teks negosiasi misalnya
  • Selamat siang!
  • Selamat siang, bisa saya bantu Pak?

Permintaan

Struktur ini merupakan bagian permintaan kepada lawan bicara. Misalnya
  • boleh saya meminjam buku novel kamu.

Pemenuhan

Struktur ini merupakan bagian pemenuhan dari permintaan lawan bicara. misalnya
  • Buku novel mana yang kamu inginkan?

Penawaran

Struktur ini merupakan bagian teks negosiasi yang berfungsi untuk menawarkan sesuatu hal kepada orang lain. Misalnya
  • Bagaimana kalau saya pinjamkan kamu buku novel ini saja, cerita sangat menarik lho.

Persetujuan

Struktur ini merupakan bagian teks negosiasi yang fungsinya memberikan persetujuan dari tawaran orang lain. Misalnya
  • Baiklah, saya pinjam buku itu saja.

Pembelian

Struktur ini merupakan bagian teks untuk bersedia membeli tawaran yang diberikan. Misalnya.
  • Baiklah, saya beli yang ini dan yang ini.

Penutup

Bagian ini merupakan bagian penutup dari teks negosiasi. Misalnya
  • Terima kasih sudah membeli produk kami. Selamat siang.


Ciri teks negosiasi

Dari segi isinya teks negosiasi ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • menghasilkan kesepakatan di antara dua belah pihak misalnya sepakatan antara penjual dengan pembeli.
  • menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan antara dua belah pihak.
  • merupakan sarana untuk mencari penyelesaian
  • mengarahkan kepada tujuan yang praktis
  • memprioritaskan kepentingan bersama
  • menggunakan istilah-istilah atau bahasa umum yang digunakan terkait dengan topik
  • menggunakan konjungsi hubungan perlawanan
  • menggunakan ungkapan yang diksi (pilihan kata) menyatakan kesepakatan atau ketidaksepakatan

Jenis teks negoiasasi

Menurut jenisnya teks negosiasi bisa dibedakan sebagai berikut:
  • Berdasarkan untung rugi.
  • Berdasarkan situasi formal, nonformal atau informal.
  • Berdasarkan jumlah penawar (negosiator).

Kaidah kebahasaan teks negosiasi

Adapun kaidah kebahasaan tek negosiasi dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
  • dalam teks negosiasi bahasa yang digunakan adalah bahasa yang harus sopan dan santun.
  • membuat kalimat yang persuasif atau mengandung kalimat ajakan.

Contoh teks negosiasi tentang larangan membawa sepeda motor di sekolah

Pada hari Senin banyak sekali siswa terlambat datang ke sekolah. melihat keadaan itu sebagai ketua OSIS ingin membantu teman-temannya agar tidak terlambat lagi ke sekolah. setelah upacara selesai Ketua OSIS menuju ke ruang wakil kepala sekolah bidang kesiswaan untuk menyampaikan usulannya.

Ketua OSIS : Selamat pagi Pak. Boleh saya berbicara kepada bapak?

Wakil Kepsek : Selamat pagi. iya boleh. ada apa nak?

Ketua OSIS : Begini Pak, Saya lihat pagi tadi sebagian banyak siswa terlambat datang ke sekolah.

Wakil Kepsek : ehm, lalu?

Ketua OSIS : Jadi begini Pak, ini permintaan dari kawan-kawan bahwa kami diperbolehkan untuk
membawa sepeda motor ke sekolah supaya tidak terlambat datang.

Wakil Kepsek : Oh, maaf ya nak itu tidak bisa karena memang sudah peraturan sekolah dan bisa membahayakan keselamatan kalian.

Ketua OSIS : Tapi Pak, kalau kasihan kawan-kawan yang jauh pasti terlambat terus datang ke sekolah.

Wakil Kepsek : Begini saja nanti saya sampaikan di forum rapat dewan guru permasalah terlambat ini supaya bisa di atasi.

Ketua OSIS : O iya pak. Terima kasih pak dan mohon maaf mengganggu waktunya.

Wakil Kepsek : Iya sama-sama

Contoh teks negosiasi di lingkungan keluarga

Seorang anak dan ayahnya sedang berdiskusi di rumah

Ayah      : Nak, kamu kan sudah lulus SMP. Nah kamu ingin mau melanjutkan ke sekolah mana?

Anak      : tapi aku aku maunya ingin bekerja saja membantu ayah.

Ayah      : tapi kalau kamu tidak sekolah bagaimana nanti nasibmu masa depanmu. Pasti akan susah bersaing.

Anak      : iya sih, kalau tidak sekolah pasti saya akan susah mencari pekerjaan yang tidak menguras tenaga dan waktu yang banyak. Tapi nanti siapa yang bantu ayah bekerja?

Ayah      : tenang saja, itu bisa di atur yang penting kamu tetap sekolah dan harus menjadi orang sukses. Ok!

Anak      : Baik lah, saya akan sekolah dengan sungguh-sungguh agar kelak menjadi orang yang sukses.

Contoh teks negosiasi jual beli di pasar

Pembeli               : Selamat pagi bu, Ada ikan nilanya bu

Penjual                 : selamat pagi, Ada bu ini ikan nilanya besar-besar. Mau berapa kilo bu?

Pembeli               : kalau satu kilo berapa bu harganya?

Penjual                 : murah saja bu, Cuma Rp 30.000.- saja

Pembeli               : wah mahal itu bu, kurangin dong bu harga

Penjual                 : Maaf bu gak bisa, memang begitu harga.

Pembeli               : kurangin aja deh bu, saya kan langganan ibu juga di sini.

Penjual                 : iya deh bu, untuk ibu saya jual Rp 25.000.-

Pembeli                : kurangin lagi dong bu, Rp 20.000,- aja ya

Penjual                 : ehm… baiklah, berapa kilo bu belinya

Pembeli               : dua kilo bu.

Penjual                 : Ini bu ikannya.

Pembeli               : oh iya, ini bu uangnya Rp 20.000,-. Makasih ya bu

Penjual                 : sama-sama

Contoh teks negosiasi antar teman

Desi       : Selamat siang San

Santi      : Selamat siang juga des, ada yang saya bantu

Desi       : saya mau pinjam uang kamu untuk beli buku

 Santi     : Oh iya, mau beli buku apa kamu des

 Desi      : iya aku mau beli buku bahasa Indonesia

Santi      : Kamu mau pinjam berapa des

Desi       : boleh gak aku pinjam 30 ribu

Santi      : uangku cuma 30 ribu nih, gimana nanti gak bisa jajan dong aku

Desi       : Aku bentar aja pinjam uangnya. orangtuaku datang sebentar lagi bawakan uang untukku 

Santi      : benarkah?

Desi       : iya benar, aku janji sebelum istrahat pertama aku kembalikan uangmu

Santi      : beneran ya

Desi       : iya bener…

Santi      : nih uangnya des

Desi       : sip, makasih san kamu baik deh, hehe

Santi      : iya dong aku kan orang baik, hehe… sama-sama des

Contoh teks negosiasi perusahaan

Pengusaha          : Selamat siang mbak

Pihak Bank          : selamat siang pak, silakan duduk. Ada yang bisa saya bantu?

Pengusaha          : Saya ke sini ingin mengajukan kredit usaha mbak untuk usaha saya.

Pihak bank          : Oh iya, kalau boleh tahu usahanya tentang apa ya pak?

Pengusaha          : Usaha saya beternak belut mbak.

Pihak bank          : kalau boleh tahu, berapa jumlah dana yang bapak pinjam?

Pengusaha          : saya mau pinjam dana 50 juta rupiah mbak.

Pihak bank          : mohon maaf bapak untuk saat ini pinjam dana UMKM hanya bisa 20 juta rupiah saja pak.

Pengusaha          : tidak bisakah lebih dari 20 juta mbak. Soalnya saya perlu dana itu untuk pengembangan usaha saya.

Pihak bank          : Baiklah bagaimana kalau saya naikan menjadi 25 juta untuk pinjaman bapak?

Pengusaha          : baiklah. Kapan ya saya bisa mengambil dananya?

Pihak bank          : kalau bapak sudah menyiapkan berkasnya, hari ini pun dananya bisa kita cairkan.

Pengusaha          : oh begitu. Baiklah besok saya ke sini lagi untuk menyiapkan berkasnya. Terima kasih mbak atas bantuannya.

Pihak bank          : sama-sama pak, senang bisa membantu.

Lihat Juga