Pembelajaran Menulis Makalah


Pembelajaran menurut Reece dan Walker (2004: 36) adalah “a purposeful combination of student activities supported by the use of appropriate resources to provided a particular learning experiment”. Bedasarkan pernyataan tersebut jelaslah bahwa pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa guna memenuhi kebutuhannya dan mendapatkan pengalaman belajar secara langsung. Hal ini menunjukkan pula bahwa guru dalam pembelajaran hanya bertugas memfasilitasi siswa selama belajar. 


Sejalan dengan pendapat di atas, Lang dan Evans (2006: 308) secara jelas menyatakan “The effective teacher recognizes the learning principles to be brought into play while helping learners acquire skills.” Dalam pandangan Lang dan Evans, guru yang efektif adalah guru yang mampu menerapkan prinsip‐pinsip belajar untuk membantu siswa beroleh pengatahuan dan keterampilan. Sejalan dengan pengertian ini, jelaslah bahwa pembelajaran merupakan aktivitas yang dilakukan pendidik dalam membantu siswa untuk belajar.    Pembelajaran dalam penelitian ini adalah berkenaan dengan pembelajaran menulis. 

Guna lebih memfokuskan diri pada viarebel tersebut perlu dikemukakan pula pengertian tentang menulis dan pengertian tentang makalah. Pinter (2006: 74) menyatakan “Writing is a complex skill progressing from level of copying familiar word and phrases to developing an awareness of text structures, genre, the processes of drafting and editing, and    publishing the text.” Sejalan dengan pendapat di atas, Gebhard (2000: 221) menyatakan bahwa “writing is process to word choice, use of appropriate grammar, syntax, and mechanism to organized idea into coherent and cohesive form.” Sejalan dengan kedua pendapat di atas dapat dikemukakan bahwa menulis dapat diartikan sebagai proses penuangan ide dan gagasan ke dalam bahasa tulis yang kohesif dan koheren. 

Makalah pada dasarnya adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas satu permasalahan tertentu sebagai hasil kajian pustaka ataupun kajian lapangan. Makalah disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas tertentu baik tugas akademik maupun tugas nonakademik. (UPI, 2008: 5). 

Sebagai salah satu jenis karya ilmiah, makalah memiliki beberapa ciri dan syarat yang harus dipenuhi dalam penulisannya. Salah aspek yang terpenting dalam penulisan makalah adalah sistematika, isi, bahasa, dan tenik penulisannya (Abidin, 2007: 44‐45). Berdasarkan berbagai pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis makalah adalah kegiatan yang dilakukan pendidik dalam upaya membantu peserta didik dalam menuangkan ide dan gagasannya atau permasalah tertentu ke dalam sebuah karya tulis ilmiah.