-->

Tujuan pendidikan SETS atau SaiLingTemas

SETS dalam istilah Indonesia SaiLingTemas ,membantu peserta didik memahami peranan lingkungan terhadap sains,teknologi dan masyarakat agar peserta didik dapat memanfaatkan pengetahuan yang dipelajarinya. Dalam konteks yang sama peserta didik harus tahu bagaimana teknologi mempengaruhi laju perkembangan sains,serta apa dampak perkembangan tadi terhadap lingkungan dan masyarakat.

Selain itu pengajaran SaiLingTemas mengajak peserta didik memahami bahwa kebutuhan masyarakat serta hal-hal yang terjadi pada masyarakat juga berperan dalam pengembangan sains dan teknologi, serta membimbing peserta didik agar mengetahui cara menyelesaikan masalah yang timbul akibat berkembangnya sains dan teknologi terutama memecahkan masalah yang berkaitan dengan masyarakat. 

Fokus pengajaran SETS atau SaiLingTemas, bagaimana cara membuat peserta didik agar dapat melakukan penyelidikan untuk mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan sains,lingkungan,teknologi dan masyarakat yang saling berkaitan. Sehingga peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dapat membantu pemecahan masalah disekitar kehidupannya. 

Dalam mengaplikasikan sains yang diperoleh siswa harus menerapkan etika, tata cara, perilaku yang mencerminkan kepribadiannya dan hakekat sains ( jujur, terbuka, tanggung jawab, demokratis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu. Selain itu pendekatan SaiLingTemas, jelas mengajarkan bagaimana siswa nanti dalam mengaplikasikan ilmunya tetap memperhatikan lingkungan, yaitu mencegah kerusakan dan menjaga kelesteraiaanya.

“Pendidikan berwawasan SETS dapat menjadikan melek sains, dan teknologi, pada yang sama tetap memperhatikan kepentingan masyarakat serta kesehatan lingkungan  maupun mental spiritual”. (Binadja,1999).

Beliau menambahkan bahwa pendidikan SETS diusulkan agar peserta didik dapat mengetahui tiap-tiap unsur SETS dan  kir secara global dan bertindak memecahkan masalah lokal lingkungan, baik lingkungan lokal maupun hubungan juga mengerti implikasi (tentang) hubungan antar elemen-elemen unsur SETS. Selain itu, SETS akan membimbing peserta didik agar ber lingkungan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat yang berperan dalam pemecahan masalah internasional sesuai kapasitasnya.

Pendidikan SETS memiliki harapan bahwa peserta didik memiliki kemampuan dan memandang sesuatu secara integratif dalam empat unsur SETS tersebut. Sebagai konsekuensinya dalam memahami serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan selalu memperhatikan kondisi,efek,manfaat serta akibat yang ditimbulkan. Maka dalam penerapan ilmu pengetahuan hendaknya diikuti dengan sikap,perilaku dan cara yang terpola. Penggabungan nilai karakter dalam pendekatan SETS diharapkan mampu memberi alternatif pemecahan dalam menyusun perencanaan pembelajaran