-->

Pengalaman Mengikuti Workshop Online (WOL) Blog

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti Workshop Online (WOL) Blog dengan tema "pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran" dan tulisan ini juga merupakan tugas akhir yang sedang saya ikuti.


Pelaksanaan kegiatan ini dibuat oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tanah Bumbu yang dimulai pada tanggal 21 sampai dengan 24 September 2020 secara daring (dalam jaringan). Adapun narasumber pada workshop online ini adalah Arif Rahman yang dipandu moderator Lilik Sutiyani.


Pengalaman Mengikuti Workshop Online (WOL Blog)
Pengalaman Mengikuti Workshop Online (WOL Blog)

Workshop ini merupakan salah satu workshop yang menambah wawasan informasi bagaimana saya sebagai guru harus melek terhadap teknologi sekarang ini. Apalagi di saat ini pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dan itu membutuhkan inovasi dan kreativitas.


Salah satu teknologi yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sekarang ini adalah blog. Dikutip dari hostinger.co.id bahwa “Weblog” atau blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Dengan kemampuan dapat memuat beragam informasi. Maka, blog dapat dijadikan sebagai media untuk kegiatan belajar mengajar


Dengan workshop ini saya memahami bahwa kita bisa membuat media yang menarik. Bukan saja sekadar tulisan yang dibaca akan oleh peserta didik akan tetapi kita bisa memasukan audio visual di dalam blog agar para peserta didik mudah untuk memahami materi yang sedang diajarkan.


Pengalaman menarik dalam kegiatan workshop ini adalah saya diajarkan bagaimana caranya sebuah blog menjadi sebuah APK atau aplikasi android tanpa coding. Awalnya saya mengira bahwa untuk membuat aplikasi kita harus melakukan pemograman atau sering disebut dengan coding.


Dengan dibimbing langsung oleh narasumber saya penasaran dan langsung mengaplikasikan materi yang dipandu melalui video di salah satu grup media sosial. Dengan menyimak dan memperhatikan video tersebut akhirnya saya dapat membuat blog saya menjadi aplikasi Android.


Dan saya perhatikan kawan-kawan juga sangat senang dan serius mengikuti kegiatan workshop ini. Pelan tapi pasti akhirnya semua peserta workshop online ini mampu membuat sebuah blog mulai dari membuat akun sampai publikasi artikelnya dan yang terakhir mampu membuat blognya tersebut menjadi aplikasi android.


Saya secara pribadi sanagat senang dengan adanya kegiatan Workshop Online ini karena dapat menambah ilmu, wawasan dan kawan yang sesama guru. Semoga dengan kegiatan workshop online ini menjadikan kami tambah semangat dalam mendidik generasi mudah agar menjadi generasi emas.


Lihat Juga!

Mengajar Menggunakan  E-learning Mudah atau Sulit?

Wali Kelas: Tugas, Fungsi dan Peran serta Contoh SKnya

Cara Menggandakan Dokumen Ms Excel Sekolah Tanpa Rumus