-->

Tips Cara Mencuci Boneka Kesayangan dengan Mesin Cuci

Semua orang pasti tahu dengan boneka akan tetapi kadang-kadang tidak semua orang mengetahui cara mencuci boneka yang baik dan benar. Biasanya inggal masukan saja ke mesin cuci dan sabun diterjen dan tambahkan air. Jika mencuci seperti itu maka boneka kita akan cepat rusak. Nah sayangkan boneka yang kita jaga dan sayangi akhirnya rusak.


Boneka biasanya mudah kotor jika keseringan kita ajak bermain. Oleh karena itu boneka juga perlu perawatan dan dijaga kebersihannya. Jika boneka kita dirawat dan di bersihkan secara berkala maka boneka akan awet dan tidak cepat rusak serta terlihat bersih, imut dan menggemaskan.


Tips Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci
Tips Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci

Nah berikut ini merupakan tips singkat yang dapat dicoba bagaimana cara membersihkan boneka yang kotor dengan bantuan mesin cuci. Mari simak tips berikut ini semoga dapat membantu agar boneka tetap bersih dan tidak cepat rusak.


  1. Lepas dan pisahkan aksesoris yang menempel di tubuh boneka. Tujuannya adalah agar tidak merusak boneka dan mesin cuci jika aksesorisnya berbahan keras atau dapat merusak aksesorisnya jika dimasukan ke dalam mesin cuci.
  2. Pisahkan boneka yang sudah lama dengan yang baru agar boneka yang lama tidak rusak
  3. Periksalah satu persatu boneka yang akan dicuci dengan mesin cuci apakah ada yang sobek, jahitannya hampir lepas atau lemnya sudah tidak kuat lagi maka perbaikilah terlebih dahulu.
  4. Isilah air secukupnya sampai boneka yang akan dicuci terendam seluruhnya.
  5. Tuangkan diterjen secukupnya, sebaikannya gunakan diterjen khusus mesin cuci agar hasilnya bisa maksimal.
  6. Rendam boneka yang akan dicuci tadi selama kurang lebih 30 menit. Perendaman ini bertujuan agar noda dan kotoran yang sulit hilang dan membandel akan mudah terangkat.
  7. Atur putaran mesin cuci dengan kecepatan normal untuk menghindari kerusakan pada boneka. Jika kecepatan putaran pada mesin cuci diatur pada kecepatan tinggi maka akan dikhawatirkan boneka akan sobek dan aksesoris yang menempel akan terlepas.
  8. Sambil sesekali kita periksa boneka yang dicuci tersebut apakah ada noda atau kotoran yang masih menempel kuat di permukaan boneka. Jika ada bisa kita gunakan alat seperti sikat yang lembut untuk menyikat noda atau kotoran tersebut. Kita juga dapat menggunakan sikat gigi jika di rumah kita belum terdapat sikat yang bulunya lembut.
  9. Jika putaran mesin cuci sudah berhenti dan boneka kita sudah bersih maka langkah selanjutnya adalah membilas boneka tersebut dibilas agar sabun diterjen hilang dari tubuh boneka.
  10. Tahapan berikutnya adalah mengeringkan boneka tersebut. Untuk mempercepat pengeringan boneka yang dicuci tadi dengan memasukan boneka ke dalam tabung pengering. Kemudian menggunakan kita dapat menggunakan bantuan hair dryer atau dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  11. Jika boneka yang dicuci sudah kering langkah selanjutnya adalah merapikan bulu-bulu dan rambut boneka tersebut dengan sisir yang bergigi renggang atau tidak rapat. 
  12. Pasang kembali aksesoris-aksesoris yang dilepas dari badan boneka 
  13. Boneka sudah selesai dicuci dan dibersihkan.


Nah mudah sajakan untuk bagaimana caranya mencuci dan membersihkan boneka kesayangan kita. dan jangan lupa agar secara berkala untuk dicuci agar boneka kita selalu terlihat terawat.


Tempatkan boneka kesayangan kita tersebut ditempat bersih dan jauh dari cairan-cairan seperti the, susu atau remahan makanan. Karena benda-benda tersebut akan mudah mendatangkan binatang seperti semut, kecoa, lipas dan lain-lainnya.


Demikian tips mencuci boneka kesayangan dengan mesin cuci, semoga dapat menambah informasi bagaimana cara kita merawat benda-benda kesayangan di rumah terutama boneka kesayangan kita. Terima kasih.