3 Ranah Hasil Belajar atau Kemampuan Manusia

Menurut Muslimin Ibrahim (2010: 103)  hasil belajar atau kemampuan manusia dibagi ke dalam tiga ranah, yaitu:

1. Ranah Kognitif

Berkenaan dengan kemampuan dan kecakapan-kecakapan intelektual berpikir. Berdasarkan revisi taksonomi Bloom, enam peringkat ini dapat digambarkan sebagai berikut: 
a. Remembering (mengingat) yaitu kemampuan manusia berupa kemampuan untuk memanggil kembali pengetahuan yang relevan yang tersimpan di dalam memori jangka panjang (long term memory).
b. Understanding (memahami) yaitu seseorang dapat dikatakan memahami bila dia mampu membangun pengertian dari pesan pembelajaran dalam bentuk komunikasi lisan, tertulis maupun gambar.
c. Applying (menerapkan) yaitu kemampuan seseorang untuk melakukan atau menggunakan suatu prosedur pada situasi baru yang disediakan.
d. Analysis (menganalisis) adalah kemampuan seseorang untuk mengurai suatu material menjadi bagian-bagian penyusunannya dan dapat menentukan bagaimana masing-masing bagian berhubungan satu sama lain untuk membangun suatu struktur atau mencapai suatu tujuan tertentu.
e. Evaluation (mengevaluasi) adalah kemampuan seseorang untuk membuat keputusan berdasarkan pada kriteria atau standar.
f. Create (menciptakan) adalah kemampuan seseorang untuk menggabungkan unsur-unsur secara bersama-sama sehingga koheren atau dapat berfungsi.

2. Ranah Psikomotor

Berkenaan dengan suatu keterampilan-keterampilan atau gerakan-gerakan fisik. Menurut Muslimin Ibrahim (2010: 110) hasil belajar psikomotor adalah suatu keterampilan yang dapat dilakukan oleh seseorang dengan melibatkan koordinasi antara indera dan otot.

3. Ranah Afektif atau sikap 

Adalah suatu keadaan yang ada di dalam diri seseorang yang mempengaruhi dan mengubah tindakan yang dipilinya. jadi tindakan yang dipilih seseorang adalah tindakan yang dipengaruhi oleh sikapnya. sikap bersifat abstrak, oleh karena untuk melihat dan mengukur sikap seseorang dilakukan dengan melihat dan mengukur manifestasi dari sikapnya yaitu berupa tindakan yang dipilihnya (Ibrahim, 2010: 116).