Dampak Perang Dunia 2 Bagi Dunia Internasional

Dampak Perang Perang Dunia 2 telah menyebabkan kerugian besar baik bagi negara yang terlibat perang maupun tidak. Kerugian terbesar adalah membuat jutaan rakyat meninggal karena luasnya wilayah perang, ekonomi pun menjadi berantakan dan mengalami banyak kerugian sehingga kelaparan dan kemiskinan tidak dapat lagi dihindarkan.

Perang Dunia yang berlangsung antara tahun 1939-1945 menimbulkan akibat yang besar di bidang Politik, Ekonomi, dan Sosial bagi Negara - Negara di Dunia.

Dampak Perang Dunia 2Perjanjian Potsdam yang Mengakhiri Perang Dunia 2 Front Eropa
 
Dampak Perang Dunia 2 Bagi Dunia InternasionalJepang Menyerah Tanpa Syarat di USS Missouri, Proses Berakhirnya Perang Dunia 2 di Asia-Pasifik

Setiap pertempuran pasti mempunyai sebab (masalah) yang mengakibatkan pecahnya pergolakan yang kemudian berkembang ke arah yang lebih nyata dengan saling menyerang, baik itu antar negara maupun diantara kelompok tertentu.

Berdasarkan penjelasan singkat diatas penulis akan membahas mengenai dampak perang dunia 2 dalam berbagai bidang, yaitu dalam bidang Politik, Ekonomi, dan Sosial. Berikut ini penjelasannya..

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik

Akibat berakhirnya Perang Dunia 2 dalam bidang politik adalah sebagai berikut:

  1. Munculnya Politik mencari kawan atau aliansi yang di bentuk berdasarkan kepentingan keamanan bersama, misalnya NATO (North Atlantic Trinity Organization), SEATO (South East Asia Treaty Organization), dan METO.
  2. Nasionalisme di Asia berkobar dan timbul negara merdeka seperti Indonesia (17 Agustus 1945), Filipina (4 July 1946), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947) dan India merdeka Penuh (26 Januari 1950), Burma (4 Januari 1948) dan Ceylon Dominion (4 Februari 1948).
  3. Terjadinya perebutan pengaruh antara Amerika Serikat (Blok Barat) dan Uni Soviet (Blok Timur) yang menimbulkan Perang Dingin.Jika keduanya berimbang terjadi keseimbangan kekuatan (Balance of Power Policy), walaupun perdamaian diliputi ketakutan.
  4. Amerika Serikat ( U.S.A ) dan Rusia ( Uni Soviet ) sebagai pemenang dalam Perang Dunia ke 2, tumbuh menjadi Negara Raksasa ( Adikuasa ).
  5. Munculnya Politik memecah belah Negara, misalnya :
    1. Jerman dibagi menjadi dua Negara yaitu, Jerman Barat (Di kuasai Amerika Serikat dan Sekutunya) dan Jerman Timur (di kuasai oleh Uni Soviet).
    2. Korea di bagi menjadi dua Negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara.
    3. Indo - Cina di bagi menjadi tiga negara yaitu, Laos, Kamboja, dan Indo-Cina
    4. India di bagi menjadi dua Negara yaitu, India dan Pakistan.
  6. Gagalnya LBB (Liga Bangsa-Bangsa) untuk mencegah adanya perang pasca PD I, akhirnya organisasi ini dibubarkan dan digantikan dengan United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  7. Munculnya paham baru bernama Zionisme yang dipelopori oleh orang-orang Yahudi dan paham komunis, ideologi ini juga berkembang sampai ke Indonesia pada awal kemerdekaan.

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Ekonomi

Dampak ekonomi juga dirasakan oleh negara-negara yang terlibat perang maupun negara jajahan dan negara yang tidak terlibat perang. Hal ini disebabkan karena perang ini melibatkan kekuatan besar yang daerah jajahan tersebar di seluruh dunia.

Perang Dunia 2 memang menghancurkan perekonomian negara - negara di dunia namun tidak untuk Amerika Serikat. Amerika Serikat pada saat itu menjadi pusat kekayaan dan kreditur dari seluruh Dunia.

Dalam bidang ekonomi terjadi depresi yang sangat luas. Pengangguran terjadi di mana-mana. Negara yang kalah perang kekurangan modal untuk membangun kembali negaranya.

Kemudian, Amerika Serikat menawarkan berbagai bantuan program pembangunan (penanaman modal dan pinjaman modal) untuk negara-negara yang sedang terpuruk.

Berikut ini dampak perang dunia 2 dalam bidang ekonomi, yaitu :

  1. Kondisi ekonomi dunia mengalami kekacauan, disebabkan oleh beberapa hal seperti hancurnya sarana prasarana penunjang ekonomi dan biaya untuk keperluan perang.
  2. Pasca perang dunia 2, berkembangnya sistem perekonomian liberal, komando dan campuran.
  3. Banyak negara yang bangkrut akibat perang, kecuali Amerika Serikat. Negara ini muncul sebagai penanam modal dengan berbagai program ekonominya, yaitu sebagai berikut:
    1. Truman Doctrine yang diarahkan untuk membantu Turki dan Yunani.
    2. Marshall Plan diprogramkan untuk membangun kembali Eropa
    3. Point Four Truman diarahkan untuk bantuan bagi negara-negara yang masih terbelakang, terutama di Asia.
    4. Colombo Plan yang disponsori Inggris ingin membentuk kerja sama ekonomi dan kebudayaan.
  4. Perlombaan industri untuk menciptakan senjata baru dengan teknologi paling maju masih berlanjut, yakni antara AS dan Uni Soviet.

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Sosial

  1. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, perang dunia 2 mengakibatkan banyaknya korban tewas baik dari kalangan militer maupun warga sipil.
  2. Adanya istilah The Lost Generation merupakan akibat banyaknya warga sipil yang menjadi korban. Banyak anak yang tidak memiliki orang tua dan banyak juga kebudayaan dunia yang lenyap akibat peperangan.
  3. Berdirinya United Nations Relief Rehabilitation Administration disingkat UNRA, tujuan UNRA adalah:
    1. Mendirikan RS (rumah sakit),
    2. Memberi makan orang terlantar, dan
    3. Mengurus segala keperluan pengungsi akibat perang.
  4. Kedudukan para ilmuan yang merupakan golongan pandai semakin kuat.

Kesimpulan Dampak Perang Dunia 2

Perang Dunia 2 berlangsung selama tahun 1939-1945 dan merupakan perang terbesar sepanjang sejarah kehidupan manusia. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia, Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer.

Peristiwa perang dunia 2 terjadi karena adanya kecenderungan atau suatu paham fasisme yang berkembang di Eropa, keadaan politik internasional menjelang Perang Dunia 2 menyerupai keadaan tahun 1906-1914 sebelum Perang Dunia I.

Perang Dunia 2 telah menyebabkan kerugian besar baik bagi negara yang terlibat perang maupun tidak. Kerugian terbesar adalah Perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa.

Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia 2 konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia, ekonomipun menjadi berantakan dan mengalami banyak kerugian sehingga kelaparan dan kemiskinan tidak dapat lagi dihindarkan.

Namun demikian, Perang Dunia 2 ini juga berpengaruh terhadap ekonomi, sosial, maupun politik. Pengaruh yang dibawa oleh PD 2 ini ada yang bersifat positifnya.

Dampak positifnya yaitu, Perang Dunia 2 juga berpengaruh terhadap Negara Indonesia yaitu berakhirnya imperialisme Belanda dan Jepang di Indonesia, karena pada saat itu Negara Indonesia mengalami Vacuum of Power sehingga Para tokoh Indonesia dapat segera memproklamasikan Negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Itulah penjelasan mengenai Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik, Ekonomi dan Sosial. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua, terutama untuk menambah wawasan akan sejarah.