Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaatnya

Apa yang mengharuskan seseorang itu belajar tentang ilmu ekonomi ? Jawabannya adalah bahwa ilmu ekonomi berkembang berdasarkan

Halo sahabat materikita, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian ekonomi serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang mengharuskan seseorang itu belajar tentang ilmu ekonomi ? Jawabannya adalah bahwa ilmu ekonomi berkembang berdasarkan adanya kebutuhan (needs) manusia yang tidak terbatas dihadapkan pada sumber daya yang terbatas (scarce resources).

Kebutuhan manusia akan makanan, pakaian dan tempat tinggal telah memaksa mereka untuk menghadapi dengan masalah-masalah ekonomi.

Ilmu Ekonomi : Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaatnya

Sebagai salah satu cabang dari pokok ilmu pengetahuan yang amat besar dan luas, ilmu ekonomi diberi gelar sebagai the oldest art, and the newest science atau kalau diterjemahkan ekonomi adalah seni yang tertua dan ilmu pengetahuan yang termuda.

Masalah yang timbul ini adalah bagaimana caranya memanfaatkan sumber daya yang terbatas secara efektif dan efisien guna memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas tersebut.

Dengan demikian, ilmu ekonomi berkepentingan dalam mengembangkan konsep, teori, hukum, sistem, dan kebijakan, ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Oleh sebab diatas, maka dibutuhkan pengetahuan dasar akan apa yang dimaksud dengan ekonomi, ruang lingkup batasannya serta manfaat yang nyata di dalam kehidupan manusia.

Pengertian Ekonomi

Ekonomi atau economic dalam banyak buku bacaan disebutkan berasal dari bahasa Yunani. Secara bahasa Ekonomi berasal dari kata Oikos atau Oiku dan Nomos yang berarti peraturan rumah tangga. Dengan kata lain pengertian ekonomi adalah semua yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan perikehidupan dalam rumah tangga.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, tentu saja yang dimaksud dan dalam perkembangannya sekarang. Maka kata rumah tangga bukan hanya sekedar merujuk pada satu keluarga yang terdiri dari suami,isteri dan anak-anaknya, melainkan juga rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga Bangsa, Negara dan Dunia.

Selain pengertian diatas, negara Indonesia juga mempunyai sudut pandangnya sendiri yakni, menurut kamus Bahasa Besar Bahasa Indonesia, Ekonomi adalah segala hal yang bersangkutan dengan penghasilan, pembagian dan pemakaian barang-barang dan kekayaan (keuangan).

Ekonomi berkenaan dengan setiap tindakan atau proses yang harus dilaksanakan untuk membuat barang-barang dan meyediakan jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia.

Secara umum, bisa dibilang bahwa ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat,dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Karena ekonomi merupakan ilmu tentang prilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi.

Dari dua pengertian ekonomi yang sudah Anda pelajari diatas, Adapun pengertian menurut para Ahli. Supaya dapat lebih mengerti dan dipahami berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Ekonomi dalam pengertian dan istilah terdapat beberapa definisi para ahli sebagai berikut :

  1. Adam Smith

Ekonomi adalah “Ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya”

  1. Marshall

“Ekonomi adalah: Ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu”

  1. Menurut Ruenez

“Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya dengan sarana-sarananya yang terbatas yang memmpunyai berbagai macam fungsi”.

  1. Mill J S

mengungkapkan Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

  1. Menurut Abraham Maslow

Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

  1. Hermawan Kartajaya

Pendapatnya adalah bahwa Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya.

  1. Paul A. Samuelson

Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. Menurut Mankiw

Ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya-sumber daya yang selalu terbatas atau langka.

  1. Menurut McConnell and Brue

Definisi dari ekonomi adalah ilmu sosial yang berkaitan dengan penggunaan yang efisien dari sumber daya yang langka untuk mencapai kepuasan maksimum dari keinginan ekonomi.

  1. L. James Havery

Sistem ekonomi adalah prosedur yang logis serta sesuai dengan akal sehat untuk mampu merancang sebuah rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lain, dan mempunyai maksud untuk berguna sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan.

Dari pengertian-pengertian ekonomi yang telah dideskripsikan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara perorangan maupun kelompok dengan menggunakan segala perangkat fasilitas yang berhubungan dan mendukung usaha yang dilakukannya seputar kegiatan ekonomi, dengan maksud agar memperoleh kesejahteraan atau kemakmuran.

Ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Karena sifat kajiannya ini, maka dibutuhkan ruang lingkup untuk membatasi dalam mempelajari ilmu ekonomi. Simak penjelasannya dibawah ini.

Ruang Lingkup Ekonomi

Ditinjau dari ruang lingkupnya ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Ilmu Ekonomi Mikro (Microeconomics) dan Ilmu Ekonomi Makro (Macroeconomics). Perbedaan dua jenis ilmu ekonomi itu terletak pada pembahasan yang dilakukan oleh masing-masing ilmu ekonomi.

Adam Smith merupakan Bapak dari ekonomi mikro, suatu cabang dari ilmu ekonomi, yang memfokuskan kepada perilaku entitas individu seperti, pasar, perusahaan dan rumah tangga. Dalam bukunya yang terkenal The Wealth of Nations (1776),

Adam Smith  mempelajari bagaimana harga suatu barang ditentukan, mengkaji penentuan harga dari tanah, upah, dan modal, dan menyelidiki kekuatan dan kelemahan dari mekanisme pasar.

Hal yang paling penting adalah dia mengidentifikasikan sifat efisiensi pasar yang luar biasa dan melihat manfaat ekonomi yang timbul dari tindakan egois individual. Hal-hal tersebut masih merupakan isu penting saat ini, dan studi ekonomi mikro berkembang sangat maju sejak Smith’s day, Pendapatnya masih dipakai oleh baik para politisi maupun ekonom.

Ruang lingkupnya ekonomi yang lainnya adalah ekonomi makro, yang berkonsentrasi kepada keseluruhan kinerja ekonomi. Ekonomi makro belum ada dalam bentuk modern sampai dengan tahun 1935 sampai John Maynard Keynes mempublikasikan bukunya yang revolusiner General Theory of Employment, Interest, and Money.

Pada saat itu, Inggris dan Amerika Serikat masih terbenam dalam The Great Depression of the 1930s, ketika seperempat angkatan kerja Amerika Serikat menganggur. Dalam teorinya Keynes mengembangkan analisa penyebab dari siklus bisnis, dengan kata kunci pengangguran dan inflasi yang tinggi.

Saat ini, ekonomi makro mempelajari wilayah yang luas, seperti bagaimana menentukan jumlah investasi dan konsumsi, bagaimana bank sentral mengelola uang dan suku bunga, apa yang menyebabkan krisis keuangan internasional, dan mengapa beberapa negara tumbuh dengan cepat sementara yang lain berhenti.

Meskipun ekonomi makro telah berkembang pesat, namun isu-isu yang dikemukakan oleh Keynes masih dipelajari dalam ilmu ekonomi makro saat ini. Dua cabang dari ilmu ekonomi tersebut, ekonomi mikro dan ekonomi makro, merupakan ruang lingkup dalam ekonomi yang menyatu membentuk inti dari ilmu ekonomi modern.

Dari uraian ruang lingkup ekonomi diatas, maka sekarang Anda paham bahwa manfaat dalam kegiatannya mempunyai dua pengerjaan sesuai dengan fokus kajiannya.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik.
  2. Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam melakukan kegiatan
  3. Dengan menguasai ilmu ekonomi maka akan memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.
  4. Bila kita dapat memahami dan mahir dalam perekonomian lalu paham dengan potensi serta keterbatasannya maka kita akan sangat paham bagaimana menjadi pelaku ekonomi yang baik dimana setiap pilihan menentukan tujuan dan setiap tujuan menentukan masa deapn dan masa depan harus dialami dengan cara yang lebih baik dari sebelumnya.
  5. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi pertama untuk mencari tahu tentang pengertian dari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam proses perekonomian.
  6. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya adalah untuk memanfaatkan ilmu ekonomi tersebut sebagai landasan dalam sebuah pengambilan keputusan atau kebijakan terhadap suatu masalah yang dapat terjadi.
  7. Manfaat belajar ilmu ekonomi adalah demi terciptanya suatu kondisi yang kondusif demi kemajuan perekonomian dalam masyarakat.
  8. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk melatih agar seseorang dapat mengembangkan kreativitasnya untuk berwirausaha dan mandiri.
  9. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya untuk melatih manajemen dari kehidupan manusia itu sendiri. Mulai dari manajemen waktu, manajemen uang dan manajemen kebutuhan kita.
  10. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi yang selanjutnya untuk melatih dan mengatur pengelolaan perekonomian dalam lingkup keluarga. Keluarga bisa menjadi tempat berlatih bagaimana kita mampu mengolah dan mengatur perekonomian yang ada.
  11. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi selanjutnya adalah untuk menjadikan manusia sebagai agen perubahan dalam kehidupan masyarakat.
  12. Manfaat mempelajari ilmu ekonomi yang terakhir dapat membantu manusia agar dapat mengembangkan potensi alam yang ada. Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia mampu mencari tahu dan menemukan potensi alam yang ada di sekitarnya sehingga mereka mampu mengolahnya dan mendapatkan sebuah hasil yang luar biasa.

Demikianlah pengertian ekonomi, ruang lingkup ekonomi serta manfaatnya. Semoga artikl dari materikita.com bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.