Pengertian Manajemen Pemasaran Serta Konsepnya

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu rangkaian proses kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen
Pengertian Manajemen Pemasaran Serta Konsepnya

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu rangkaian proses kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe/search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion) dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place), maka tujuan pemasaran yaitu untuk melihat kebutuhan dan keinginan konsumen.

Pelaku manajemen di bidang pemasaran adalah seorang manajer pemasaran, yang bertugas mempelajari struktur pembiayaan, sumber keuntungan, sumber daya serta kompetensi, diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integritas vertikal, serta faktor lainnya yang berhubungan dengan kompetitor dalam hubungannya dengan pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen pemasaran telah banyak dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah :

  1. Buchari Alma

Dalam bukunya Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa beliau berpedapat bahwa manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian di pemasaran.

  1. Winardi

Dalam bukunya Manajemen Pemasaran dan Penjualan berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran suatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran di dalam sistem pemasaran.

  1. Sofjan Assauri

Manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian berbagai program yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba hasil dari transaksi atau pertukaran melalui sarana pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

  1. Basu Swastha

Manajemen pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

  1. Dharmmesta dan Handoko

Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang dan mendapatkan laba. yang dimulai sejak sebelum memproduksi serta tidak berakhir saat penjualan.

  1. Buchori dan Djaslim

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

  1. Lupiyo Adi

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta kontrol program-program yang telah dilaksanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan pada konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama.

  1. Suparyanto dan Rosad

Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program-program yang mencakup pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi produk, jasa dan gagasan yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Ben M. Eniy

Manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

  1. Philip Kotler

Manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisa, merencanakan, melaksanakan, serta pengawasan terhadap program yang mana tujuannya untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Philip William J. Shultz

Manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.

  1. William J. Stanton

Manajemen pemasaran adalah suatu sistem dari keseluruhan kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi barang atau jasa yang dapat memuaskan konsumen.

  1. John W, Mullins

Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan program yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide-ide yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

  1. Peter R. Dickson

Manajemen pemasaran adalah berbagai variasi kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berprilaku.

  1. Philip Kotler dan Armstrong

Manajemen pemasaran adallah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang didesign untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Boyd, Walker, dan Larreche

Manajemen pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi, serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

  1. Kotler dan Keller

Manajemen pemasaran adalah :

  1. Seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, mengantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
  2. Suatu proses yang dilakukan untuk menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan program-program yang menguntungkan perusahaan, dan juga dapat diartikan sebagai ilmu memilih pangsa pasar supaya dapat menciptakan nilai pelanggan yang unggul.
  1. American Marketing Association

Manajemen pemasaran sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep pemasaran adalah suatu falsafah manajemen dalam bidang pemasaran yang berorientasi kepada kebutuhan dan keinginan konsumen dengan didukung oleh kegiatan pemasaran terpadu yang diarahkan untuk memberikan kepuasan konsumen sebagai kunci keberhasilan organisasi dalam usahanya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Willian J. Stanton, konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Elemen penting dalam konsep pemasaran adalah :

  1. Market oriented, yaitu berorientasi pada keinginan konsumen. Konsep pemasaran yang paling baik adalah dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Dalam pemasaran, biasanya konsumen dianggap raja dan produsen adalah pelayan yang memberikan kebutuhan raja.
  2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu. Pengaturan secara dinamis sebagai bentuk penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktivitas pemasaran harus disusun secara terperinci, sehingga proses analisis dan pengawasan terhadap hasil pemasaran dapat dilakukan dengan baik.
  3. Pencapaian tingkat kepuasan konsumen. Elemen paling penting dalam pemasaran adalah kepuasan konsumen, yang tidak hanya diukur dari kualitas produk saja, tetapi juga dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.

Konsep manajemen pada hakekatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasaan konsumen.

Sedangkan dalam pelaksanaan kegiatan manajemen pemasaran, terdapat tiga konsep dasar pelaksanaan manajemen pemasaran, yaitu :

  1. Konsep produksi, yang berorientasi pada produksi untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas, dengan asumsi bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di berbagai tempat dan ekonomis.
  2. Konsep produk, berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu atau kualitas, performansi yang terbaik.
  3. Konsep penjualan, berpendapat bahwa suatu organisasi atau sistem manajemen harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif dalam meraih perhatian konsumen.
  4. Konsep pemarasan menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi yang diterapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.

Manajemen pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.

Demikian penjelasan berkaitan dengan pengertian manajemen pemasaran dan konsepnya. Semoga bermandaat bagi Anda.

Sumber Pustaka

  1. Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.
  2. Anoraga, Panji. 2009. Manajemen Bisnis, cet. 4. Rineka Cipta:Jakarta.
  3. Assauri, Sofjan. 2002. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Raja Grafindo Persada:Jakarta.
  4. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Ed. 13,Jilid 1. Erlangga:Jakarta.
  5. Stanton, William J, 2000, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 3, Alih Bahasa oleh Yohanes Lamarto, Jakarta: Erlangga.
  6. Winardi. 1981. Manajemen Pemasaran dan Penjualan. Bandung: Sinar Baru.