-->

Pengertian Norma dan Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian Norma dan Nilai
Norma dapat didefinisikan sebagai harapan yang spesifik mengenai perilaku nyata, juga bertindak sebagai kriteria untuk menilai kualitas perilaku manusia.

Nilai-nilai adalah harapan dan gambaran yang lebih umum tentang perilaku manusia, yang mungkin sadar atau tertanam secara sangat dalam sehingga tidak dapat dirumuskan secara verbal. Dengan demikian, nilai-nilai dapat didefinisikan sebagai gambaran yang abstrak, kolektif yang manusia percaya bahwa hal itu adalah benar, baik dan layak untuk dicapai.

Norma etis tergantung lokasi geografis, norma etis tidak sama di berbagai tempat, norma etis satu tempat belum tentu sama dengan norma etis berlaku di tempat lain.

Perlu diyakini bahwa norma norma yang berkembang dalam diri sendiri yang paling benar dan tepat, jadi nilai kejiwaan masing masing manusia mampu menilai sendiri keetisan suatu tindakan bisnis yang sesuai dengan perasaan dan pikirannya. Sehingga prinsip yang harus dipegang adalah bertindak di mana saja sesuai dengan prinsip yang dianut, dirasa benar dan belaku bagi diri sendiri. 

Bisa juga mengikuti prinsip kebenaran yang berlaku dinegara asal diri sendiri, namun pandangan tersebut dikritik oleh Richard T. De George sebagai Immoralis Naif, yang berarti tidak ada norma moral lain yang perlu diikuti sama sekali karena setiap negara mempunyai nilai norma masing masing yang dianggapnya benar atau salah.