Cara Memegang Bola Basket : Teknik Dasar Serta Tipsnya

Teknik memegang bola pada permainan bola basket merupakan usaha seorang pemain untuk menyeimbangkan bola

Teknik memegang bola pada permainan bola basket merupakan usaha seorang pemain untuk menyeimbangkan bola yang ada di telapak tangan. Teknik ini merupakan gerakan paling dasar yang harus diketahui dan dikuasai oleh para pemain bola basket. Tanpa teknik ini maka pertandingan bola basket tidak akan berjalan dengan lancar dan kemenangan sulit untuk didapatkan.

Cara Memegang Bola Basket Teknik Dasar Serta TipsnyaPlayer WNBA Shyla Heal

Teknik memegang bola juga berhubungan dengan teknik lainnya, contohnya ketika pemain akan melakukan passing, pemain memulai dengan cara memegang bola untuk dapat melakukan passing atau operan kepada rekan se timnya dengan baik, begitupun pada saat shooting atau menembak ke ring lawan. Dibutuhkan pegangan bola yang kuat agar tembakan tidak meleset ketika diarahkan.

Selain itu pemain juga akan memegang bola di saat menerima atau menangkap operan dari rekannya, atau merebut bola dari tim lawan. Oleh karena itu, cara memegang bola merupakan kunci keberhasilan seorang pemain melakukan lemparan, tangkapan, menembak, atau menggiring dengan baik ketika pertandingan bola basket berlangsung.

Cara memegang bola dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan. Akan tetapi sebaiknya dalam memegang bola dengan dua tangan, agar posisi bola di tangan dapat dikuasai dengan sempurna.

Menurut John Oliver dalam bukunya Basketball Fundamental (Terjemahan Wawan Eko) adapun cara memegang bola dengan dua tangan, posisi telapak tangan merupakan corong besar sedangkan posisi bola terselip diantara telapak tangan. Posisi bola melekat dibagian telapak tangan bagian atas, jari-jari membuka lebar dengan posisi rileks, kedua ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola, menghadap ke arah tengah depan. Maka dari itu, untuk dapat memainkan bola dengan baik perlu melakukan gerakan atau teknik memegang bola dengan baik dan benar.

Dikutip dari buku Permainan Bola Basket karya Nuril Ahmadi, menurutnya memegang bola dengan baik dan benar adalah modal utama dalam bermain bola basket. Jika memegang bola tidak tepat, maka gerakan selanjutnya akan kurang baik juga. Cara memegang bola basket dengan baik dan benar merupakan hal pokok yang harus dilakukan dan dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari teknik dasar bola basket yang lain.

Sesuai pendapat para ahli di atas, bahwa dalam memegang bola basket, tangan diibaratkan seperti corong yang besar dan bola basket terselip diantara telapak tangan. Namun dalam memegang, kedua tangan harus dalam keadaan rileks, dan jari tangan fleksibel dalam menerima bola.

Cara Memegang Bola Basket

Dalam permainan bola basket, teknik cara memegang bola yang baik dan benar akan mendukung jalannya permainan sehingga strategi dapat dijalankan sesuai yang ditetapkan. Lalu bagaimana caranya memegang bola basket yang baik dan benar?

Berikut ini cara memegang bola yang bisa Anda pelajari dan tekuni saat latihan permainan bola basket yaitu:

  1. Diawali dengan sikap tangan membentuk mangkok besar.
  2. Bola berada di antara kedua telapak tangan.
  3. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola.
  4. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.
  5. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan.
  6. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Walaupun memang agak membingungkan dan susah, tetapi jika teknik ini dilatih dan ditekuni sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Macam-Macam Cara Memegang Bola Basket

Mangkok Besar

Pada cara ini tangan membentuk seperti mangkok besar pada sikap awalnya. Bola basket dipegang menggunakan kedua tangan sehingga akan membentuk seperti mangkok besar yang melindungi bola. Cara ini sangat tepat untuk menjaga bola karena memiliki kendali yang kuat pada bola. Bila ingin memegang bola basket dengan kedua tangan, maka kedua tangan inilah yang Anda bentuk dengan sikap seperti mangkok besar sementara letak bola ada di antara kedua telapak tangan Anda.

Pastikan agar sisi samping bola melekat di telapak tangan serta posisi telapak agak ke belakang sedikit, untuk jari-jari tangan pastikan juga melekat pada sisi bola namun dalam keadaan renggang antara satu dengan lainnya. Ibu jari adalah yang letaknya paling dekat dari tubuh, yakni di bagian belakang bola yang arahnya menghadap ke tengah dada depan.

Jari Jari Tangan

Cara memegang bola yang selanjutnya yakni dengan cara meletakan jari jari ke area bola membentang ke area tengah. Antara jari yang satu dengan yang lainnya diberikan jarak namun tidak terlalu jauh atau melebar. Jalur garis pada bola basket dapat mempermudah untuk melakukan teknik ini dengan lebih baik.

Untuk bagian ibu jari, Anda dapat letakkan pada alur yang lurus dan membentang pada area tengah bola, sementara empat jari lainnya bisa diletakkan pada alur di atas alur tengah bola. Antara jari yang satu dengan lainnya hendaknya diberi jarak atau diregangkan meski tidak usah begitu lebar.

Memerhatikan alur garis yang ada pada bola basket pada dasarnya dapat dijadikan sebagai panduan yang lebih mudah juga bagi Anda dalam menempatkan jari-jari saat memegangnya. Arah mana pun tidak masalah, namun ketika baru mulai memegang bola basket, ada baiknya meletakkan jari sesuai alur yang sudah ada.

Meremas Bola

Disaat memegang bola, ada kalanya Anda perlu meremas bola ketika dihadapkan oleh para pemain bertahan lawan ketika pertandingan bola basket berlangsung, supaya bola tidak mudah direbut oleh lawan dan teknik memegang bola ini pun wajib menjadi bagian dari latihan Anda. Ini dikarenakan latihan teknik meremas bola mempunyai tujuan utama sebagai cara memperkuat jari-jari tangan.

Selain itu, cara efektif untuk memegang bola adalah dengan meremas bola basket dengan kuat sehingga bola tersebut akan lebih kuat di genggaman tangan, dan tidak mudah direbut oleh lawan. Cara ini juga yang paling aman untuk menjaga bola baik saat permainan offense maupun defense untuk menghindari perpindahan bola dari regu setim ke pihak lawan.

Saat latihan memegang bola basket yang baik dan benar, pastikan untuk mengambil waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan ujung-ujung jari yang sebelumnya sudah dijelaskan untuk diremaskan pada sisi bola.

Hal ini berlaku saat Anda memegang bola basket menggunakan kedua tangan dan pastikan juga melatihnya dengan satu tangan, supaya jari-jari tangan yang digunakan untuk meremas bola basket bisa kuat. Dengan latihan yang cukup, maka Anda juga bisa meningkatkan kemampuan dalam hal mengoper dan juga melakukan tembakan saat pertandingan bola basket.

Satu Tangan

Memegang bola basket bisa dilakukan dengan satu tangan, biasanya teknik ini digunakan untuk menahan bola dengan ketepatan waktu yang singkat dan ingin melakukan operan atau passing cepat dengan satu tangan. Memegang bola basket dengan satu tangan ini sangat beresiko dilakukan oleh pemain yang tidak mempunyai kekuatan jari-jari tangan yang baik, namun sangat cocok untuk beberapa pemain bertangan besar yang ingin melakukan gerakan dengan sesederhana mungkin.

Gerakan tangan dapat beragam variasinya saat memegang bola basket, tetapi semuanya dikondisikan terhadap kemampuan yang Anda miliki. Jika teknik yang satu ini sudah dikuasai, maka Anda bisa melanjutkan ke teknik yang lebih sulit dalam permainan bola basket ini.

Menggunakan Ibu Jari, Jari Tengah, Telunjuk dan Jari Manis

Selain telapak tangan saat memegang bola, hal terpenting yang wajib Anda kuasai adalah menggunakan ibu jari, jari tengah, telunjuk serta jari manis. Karena pada waktu memegang bola basket ini, ujung-ujung jarilah yang bertugas menahan bola supaya tidak terjatuh dan tetap pada genggaman tangan Anda. Pada cara memegang bola ini yang dimaksudkan adalah bahwa ujung jari lebih banyak berfungsi jika dibandingkan bagian telapak tangan.

Dengan menekan ujung jari-jari yang sudah disebutkan diatas bahwa pada bola yang dipegang posisinya agak ke dalam. Jangan heran bahwa telapak tangan tidak menempel pada bola sewaktu Anda sudah menekankan ujung-ujung jari tadi pada sisi bola. Ini merupakan cara memegang yang benar sehingga tidak perlu ragu karena telapak tangan tak menyentuh bola.

Pura-pura Mengoper Bola

Latihan pura-pura mengoper ini adalah salah satu langkah penting dalam meningkatkan pegangan bola basket di tangan. Selain itu gerakan ini juga bisa mengecoh pemain lawan yang sedang menghadang di pertandingan bola basket. Maka dari itu, kedua tangan Anda perlu lebih dulu terbiasa memegang bola untuk kemudian dioper kepada teman satu tim. Saat pegangan kurang pas, Anda bisa saja salah mengoper atau bola justru bisa dengan mudah lepas dari pegangan tangan.

Cara paling tepat pada latihan ini adalah dengan menggerakkan bola seperti akan mengoper atau passing, namun kemudian menggunakan ujung-ujung jari yang telah menempel pada bola untuk memberikan tekanan dan menahannya kembali. Ini adalah cara yang otomatis mampu membiasakan tangan Anda dalam menggerakkan bola selama masih di dalam pegangan. Dan juga dengan cara ini, Anda mampu mengendalikan bola lebih baik sambil memperkuat pegangan pada bola.

Tips Latihan Memegang Bola Basket Bagi Pemula

Bagi Anda yang masih pemula dalam permainan bola basket, saran dari penulis adalah jangan langsung menggunakan bola basket yang berukuran besar. Tetapi biasakanlah terlebih dahulu memegang bola yang berukuran kecil dengan teknik yang sudah dijelaskan diatas. Perlahan tapi pasti dari ukuran bola yang berukuran kecil, sedang lalu besar (bola basket asli).

Tips Latihan Memegang Bola Basket Bagi PemulaBola basket untuk latihan

Latihan seperti ini nantinya akan bisa membuat pemain yang masih pemula akan terbiasa dan dapat meringankan beban latihan disaat menggunakan bola basket berukuran lebih besar. Ini penting dilakukan saat latihan karena memang fokus permainan bola basket adalah terletak pada kekuatan jari-jari tangan.

Demikianlah penjelasan dari penulis mengenai teknik memegang bola basket pada permainan bola basket. Latihan ini perlu dikuasai bagi Anda yang ingin serius dan menjadi pemain profesional Bola Basket, karena teknik satu ini adalah teknik dasar dari berbagai teknik yang ada di latihan bola basket. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.