Teknik Dasar Pada Permainan Bola Basket ✓ Lengkap

Teknik dasar permainan bola basket merupakan hal yang penting diketahui dan dipelajari oleh pemain basket

Teknik dasar permainan bola basket merupakan hal yang penting diketahui dan dipelajari oleh pemain basket, khususnya bagi Anda yang ingin serius dalam olahraga bola basket. Apalagi jika Anda mempunyai cita-cita untuk menjadi pemain bola basket profesional seperti halnya para bintang pemain bola basket, contohnya Michael Jordan, Kareem Abdul-Jabbar, Kobe Bryant, Shaquille O'Neal, Larry Bird, Wilt Chamberlain dan Magic Johnson. Maka dari itu, belajar teknik fundamental adalah sebuah keharusan yang wajib Anda tekuni.

Teknik Dasar Pada Permainan Bola Basket

Olahraga bola basket sendiri merupakan satu diantara cabang olahraga yang paling populer di dunia selain sepak bola. Bermain bola basket tidak sekedar memegang bola, mantulkannya, dan lalu kemudian melemparkannya. Namun, juga ada sebuah tujuan yaitu kemenangan ketika melaksanakan sebuah pertandingan atau kompetisi, dan juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebelum Anda memulai dan bermain basket tentunya Anda harus menguasai teknik-teknik dasar permainan bola basket, sehingga pada saat Anda memulai bermain bola basket atau terjun langsung pada pertandingan bola basket sesungguhnya, Anda tidak akan membuat kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Pada artikel ini penulis akan menjelaskan tentang tujuh dasar teknik pada olahraga bola basket diantaranya adalah:

  1. Teknik dasar memegang bola basket.
  2. Teknik dasar menangkap bola.
  3. Teknik dasar mengoper atau Passing.
  4. Teknik dasar menggiring bola atau Dribbling ball.
  5. Teknik dasar Pivot.
  6. Teknik dasar Shooting.
  7. Teknik dasar Rebound.

Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan pada latihannya, berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan bola basket beserta juga dengan penjelasan lengkapnya untuk masing-masing teknik dasar dalam permainan bola basket. Teknik dasar permainan bola basket ini juga merupakan kewajiban yang harus dikuasai oleh para pemain bola basket.

Teknik Dasar Memegang Bola Basket

Teknik dasar dalam permainan bola basket yang pertama ini terdengarnya sangat mudah, namun Anda tidak bisa sembarangan juga memegang bola basket. Karena memegang bola basket itu tidak sekedar memegang bola pada umumnya, karena dalam permainan bola basket ada teknik yang benar dan harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar cara memegang bola dalam permainan bola baske:

  1. Sikap tangan melebar seperti membentuk mangkuk besar.
  2. Bola berada di antara kedua telapak tangan.
  3. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, dan jari-jari terentang melekat pada bola.
  4. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.
  5. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan.
  6. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Teknik Dasar Menangkap Bola Basket

Dalam permainan bola basket, ada teknik khusus menangkap bola basket. Untuk menangkap bola basket, pebasket harus memperhatikan arah bola yang akan Anda tangkap agar bola basket berada dalam penguasaan Anda. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola basket atau disebut 'catching ball' terdiri dari dua macam cara, yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.

Berikut ini sudah penulis rangkumkan tentang teknik dasar saat menangkap bola basket yang baik dan benar

Gerakan Awal

Teknik dasar menangkap bola basket yang pertama adalah gerakan awal atau awalan sikap. Teknik menangkap bola basket tergolong lebih mudah dibandingkan teknik merebut bola dari hasil rebound (hasil pantulan shooting yang gagal). Di bawah ini terdapat langkah langkah persiapan awal dalam menangkap bola basket yaitu:

  1. Posisikan tubuh berdiri dan kaki dilangkahkan menjemput bola datang.
  2. Kedua tangan diposisikan ke depan untuk menyongsong bola hasil lemparan teman.
  3. Telapak tangan dipersiapkan ke arah datangnya bola.
  4. Pastikan berat badan ditumpukan pada kaki bagian depan ketika sedang menangkap bola.

Gerakan Inti

Teknik dasar menangkap bola basket selanjutnya adalah gerakan inti. Teknik menangkap bola basket tersebut memiliki gerakan inti yaitu tarik kaki depan ke belakang setelah bola menyentuh tangan. Setelah itu bola sedikit ditekan agar tidak terlepas. Tangan ditarik sampai bola terletak dihadapan anda.

Gerakan Akhir

Teknik dasar menangkap bola basket selanjutnya adalah gerakan akhir. Teknik menangkap bola basket tersebut memiliki gerakan akhir yaitu badan dicondongkan sedikit ke arah depan ketika bola telah ada di tangan. Usahakan tumpuan berat badan ditujukan ke kaki bagian belakang. Selain itu bola diletakkan didepan badan dan lakukan langkah selanjutnya dengan mendrible bola. Anda juga dapat mengoper bola tersebut ke teman satu tim. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan peraturan bola basket yaitu memegang bola harus dalam batas waktu tertentu.

Teknik Dasar Mengoper atau Passing Bola Basket

Berikut ini ada enam teknik dasar mengoper (passing) dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut:

  1. Overhead Pass

Teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola basket dari atas kepala. Umpan jenis ini dilakukan untuk melakukan counter attack dengan melemparkan bola jauh ke daerah pertahanan lawan. Teknik bola basket yang satu ini juga bisa dilakukan bila anda mendapatkan pengawalan yang ketat oleh lawan. Teknik ini merupakan solusi yang tepat agar bola tidak direbut oleh lawan, karena Anda tidak bisa memaksakan untuk terus membawa bola basket dalam keadaan yang sulit untuk melewati kepungan lawan.

  1. Chest Pass

Anda pasti sudah mengenal teknik permainan bola basket yang ini. Teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola di depan dada. Teknik ini biasanya menggunakan lemparan dua tangan, dengan tujuan operan lurus terhadap teman yang satu tim. Teknik ini adalah teknik bola basket yang paling sederhana, namun dengan tingkat akurasi paling tinggi ketika melakukan operan lurus kepada teman satu tim. Tips untuk menghindari gerakan yang terbaca oleh lawan adalah dengan menggunakan gerakan tipuan. Caranya adalah, cobalah untuk tidak melihat teman Anda secara langsung, karena hal ini akan membuat lawan lebih mudah untuk membaca pergerakan Anda.

  1. Baseball Pass

Teknik dasar dalam permainan bola basket ini dinamakan baseball pass, karena gayanya mirip melalukan lemparan baseball. Lemparan dilakukan menggunakan tenaga yang cukup kuat dan hanya dengan satu tangan saja. Teknik ini sering digunakan untuk mengelabuhi lawan dengan lemparan yang mengejutkan dan tak terduga. Banyak pemain basket yang menggunakan cara ini dan melakukan gerakan tipu berupa lompatan, saat ingin memasukkan bola kedalam keranjang, namun akhirnya bola hanya diumpankan ke teman yang memiliki posisi yang lebih bagus.

  1. Bounce Pass

Teknik passing yang dilakukan dengan memantulkan bola kebawah, kemudian diterima oleh teman satu tim, teknik ini sebenarnya untuk menghindari hadangan lawan. Alasan menggunakan teknik bola basket ini sebenarnya sama dengan chest pass, namun sedikit berbeda cara melakukan hadangan lawan yang melakukan teknik block terhadap laju Anda. Kelebihan teknik ini adalah Anda bisa mengecoh lawan dengan operan pantulan bola, namun memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan chest pass, yaitu tidak bisa melakukan operan jauh. Karena laju bola tidak secepat chest pass dan sangat sulit untuk membuat pantulan hingga jarak jauh.

  1. Hook Pass

Teknik passing yang dilakukan dengan satu tangan yang membentuk seperti hook (pancing, kait). Cara melakukannya, lekukan lengan Anda ke atas dan melewati bahu Anda. Anda harus melepaskan bola di depan wajah Anda untuk operan datar, atau lebih jauh menuju bahu Anda untuk operan yang lebih tinggi. Teknik ini biasanya digunakan apabila Anda mendapati lawan Anda memberikan pertahanan yang defensif, misalnya saja ada dua defender yang menghadang Anda. Teknik dasar permainan bola basket ini juga bisa digunakan apabila lawan memotong sudut dimana Anda seharusnya melakukan operan langsung atau direct passing kepada teman Anda.

  1. Under Pass

Teknik passing yang dilakukan dari bawah atau lebih tepatnya se-pinggang dengan bola diarahkan secara lurus ke teman yang masih satu tim, teknik ini bisa diterapkan ketika ingin melakukan operan jarak pendek. Teknik dasar permainan bola basket yang satu ini terbilang aman, namun Anda harus hati-hati, karena lawan Anda bisa memotongnya sewaktu-waktu.Untuk materi lengkap cara melempar bola yang benar beserta dilengkapi dengan gambar cara-cara step-by-step nya,

Teknik Dasar Menggiring atau Dribbling Bola Basket

Berikut ini adalah bermacam-macam teknik dribbling dalam permainan bola basket yang harus dikuasai dalam permainan bola basket:

  1. Teknik Dasar Bola Basket Dribble Change of pace dribble. Pada teknik ini dilakukan dengan kedua tangan antara kanan dan kiri.
  2. Teknik Dribble Low or control dribble. Pada teknik ini dilakukan dengan mengatur tempo permainan dan penguasaan bola yang baik.
  3. Teknik Dasar Bola Basket Dribble High or speed dribble. Pada teknik ini digunakan ketika melakukan counter attack (Serangan balik).
  4. Teknik Dasar Bola Basket Dribble Crossover dribble. Pada teknik ini dilakukan dengan posisi menyilang. Hal ini dilakukan untuk mengecoh pergerakan lawan dengan mengarahkan bola menyilang, sehingga pemain lawan sulit menebak pergerakan kita saat membawa bola.
  5. Teknik Dasar Bola Basket Dribble Behind the back dribble. Pada teknik ini dilakukan dengan menempatkan bola dibelakang kita. Hal ini juga bertujuan agar bola tidak bisa direbut oleh pemain lawan.
  6. Teknik Dasar Bola Basket Dribble Between the legs dribble. Pada teknik ini dilakukan ketika menggiring dengan menempatkan bola di depan kaki.
  7. Teknik Dasar Bola Basket Dribble Spin dribble. Pada teknik ini memerlukan skill khusus dengan melakukan latihan secara rutin, supaya bola yang kita dribble tidak bergerak secara tidak beraturan.

Teknik Dasar Pivot Dalam Permainan Bola Basket

Jika Anda pernah mendengar istilah pivot, itu adalah sebuah putaran yang dilakukan dalam permainan bola basket. Sebenarnya bagaimana sih cara melakukan pivot? berikut ini adalah teknik dasar pivot dalam permaianan bola basket:

Pivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat. Ada tiga alternatif gerakan yang bisa dilakukan:

  1. Pivot kemudian dribble (membawa bola).
  2. Pivot kemudian passing (melempar bola).
  3. Pivot kemudian shooting (menembakan bola).

Teknik Dasar Shooting Dalam Permainan Bola Basket

Shooting dalam olahraga bola basket adalah suatu usaha player untuk memasukkan bola kedalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.

Dalam permainan bola basket, tentu saja Anda memerlukan shooting atau tembakan langsung ke ring untuk mencetak poin. Shooting merupakan teknik dasar permainan bola basket yang wajib Anda kuasai untuk mendapatkan poin demi poin.

Ada banyak cara untuk melakukan teknik shooting, beberapa diantaranya adalah:

  1. Menembak dengan teknik set shoot (posisi berdiri diam ditempat)dengan satu tangan.
  2. Menembak dengan teknik set shoot dua tangan.
  3. Menembak dengan teknik jump shot (disertai dengan lompatan).
  4. Menembak dengan teknik lay up ( gerakan lari, langkah dan meloncat)

Teknik Dasar Rebound Dalam Permainan Bola Basket

Teknik dasar dalam permainan bola basket yang satu ini merupakan teknik dasar permainan bola basket yang bisa membuat tambahan poin dari lemparan teman Anda yang gagal. Banyak pelatih yang mengatakan bahwa rebound merupakan hal penting yang bisa memberikan tim Anda kemenangan atau setidaknya posession ball yang bagus. Rebound merupakan teknik mengambil bola basket yang gagal masuk ring, ada 2 tipe rebound, yaitu: rebound ofensif dan rebound defensif.

  1. Rebound ofensif artinya lemparan yang gagal dalam satu tim diambil oleh teman yang masih satu tim kemudian mencoba shot lagi kedalam ring, bila bola masuk ring maka tim kamu dapat 2 point.
  2. Sedangkan defensif rebound adalah teknik merebut bola basket yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada usaha memasukkan bola lagi kedalam ring. Menguasai teknik rebound defensif akan menyelamatkan tim kamu dari kekalahan dan berpeluang melakukan counter attack.

Demikianlah beberapa teknik dasar dalam olahraga bola basket ataupun teknik dasar bermain basket yang perlu dikuasai oleh pemain bola basket. Semoga artikel dari situs Materikita.com tentang teknik dasar dalam permainan bola basket ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan terimakasih telah berkunjung.