NISN Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid ? Berikut Cara Mengatasinya

Kesalahan NISN ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu ketika operator sekolah/madrasah menginput data siswa

NISN Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu ketika operator sekolah/madrasah menginput data siswa tidak melalui tarik data dari lembaga sebelumnya, melainkan menginput data siswa secara manual. Sehingga didapatkan detail siswa yang kurang tepat ketika dilakukan pengecekan di EMIS 4.0, Dapodik bahkan Verval PD.

Solusi NISN Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid

Adapun juga kasus NISN Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid dikarenakan kesalahan dari input data yang dilakukan oleh operator Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). Maka dari itu, diharapkan para operator di setiap lembaga untuk selalu melakukan pengecekan terkait detail siswa dan berkoordinasi satu sama lainnya.

Pengecekan ini dilakukan karena NISN merupakan nomor yang bersifat unik, dan diberikan kepada setiap siswa-siswi yang belajar di Negara Indonesia dan juga Sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Dimana setiap NISN dari satu siswa dengan siswa lainnya berbeda. Itulah kenapa, tugas operator untuk selalu memastikan bahwa NISN dapat ditemukan, tidak ganda dan tidak valid.

Selain itu, NISN juga berlaku sepanjang masa untuk setiap anak yang pernah menempuh pendidikan dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Didalam NISN termuat identitas siswa seperti nama siswa, tempat dan tanggal lahir serta nama ibu kandung siswa tersebut. NISN berlaku seumur hidup bagi siswa, sehingga tidak perlu lagi mengganti nomor induk siswa ketika melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Hal tersebut dikarenakan NISN berlaku secara nasional yang dikeluarkan oleh PDSPK Kemdikbud. Namun pada kenyataannya di lapangan, masih banyak peserta didik juga menemui kendala-kendala terkait NISN siswa seperti NISN Siswa Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid. Karena sebab ini maka akan menyulitkan dan menghambat siswa-siswi saat proses pendaftaran sekolah ke jenjang selanjutnya.

Lalu bagaimana caranya Bapak/ibu Operator Sekolah/Madrasah mengetahui bahwa NISN siswa tidak dapat ditemukan, ganda atau bahkan tidak valid ? Ada dua cara untuk mengetahuinya yaitu cek NISN formcaribynama dan NISN caribynisn, berikut ini adalah langkah-langkah mencarinya.

Cek NISN

Cek NISN By Name

  1. Buka laman NISN by Name
  2. Isikan form yang tersedia berupa NAMA, TEMPAT LAHIR, TANGGAL LAHIR, dan NAMA IBU
  3. Centang kotak Recaptcha
  4. Lalu klik tombol cari

Cek NISN by NISN

  1. Buka laman NISN by NISN
  2. Isikan form yang tersedia berupa NISN dan NAMA IBU
  3. Centang kotak Recaptcha
  4. Lalu klik tombol cari

Ketika NISN sudah dicari dengan cara seperti yang sudah dijelaskan diatas, namun tidak ditemukan. Maka Anda sebagai Operator Sekolah/Madrasah diwajibkan untuk menyelesaikan masalah ini. Tahap awalnya ketika NISN siswa seperti NISN Siswa Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid terlebih dulu Anda harus berkoordinasi dengan Admin Kab/Kota supaya bisa dibantu melaporkan keluhan tersebut ke Admin PDSPK.

Perlu Anda ketahui bahwa permasalahan NISN tersebut disebabkan banyak hal misalnya oleh human error, sistem pendataan kurang maksimal, dan lain-lainnya. Oleh karena itu, berikut saya akan jelaskan dengan lengkap tentang permasalahan NISN siswa yang sering terjadi yaitu NISN Siswa Tidak Ditemukan, NISN siswa Ganda dan NISN siswa Tidak Valid.

Solusi NISN Siswa Tidak Ditemukan, Ganda dan Tidak Valid

  1. NISN tidak ditemukan di situs data Kemdikbud

NISN siswa tidak ditemukan di website pencarian nisn.data.kemdikbud.go.id bisa dikarenakan beberapa hal yaitu sebagai berikut:

    1. NISN siswa tidak valid atau bisa karena tidak diterbitkan oleh PDSPK.
    2. NISN yang tercantum di ijazah, kartu NISN, dan raport merupakan milik orang lain atau memang tidak terdata di nisn.data.kemdikbud.go.id dikarenakan salah penulisan.
    3. Perbedaan data di Arsip Offline dan Online Kemdikbud yang kemungkinan besar tidak lengkap atau tidak sesuai dokumen kependudukan (Kartu Keluarga) contohnya nama, tempat lahir maupun tanggal lahir.
  1. Memperbaiki data NISN di Verval PD

Memperbaiki data NISN siswa ataupun data identitas (ejaan nama, tempat dan tanggal lahir) dilakukan melalui aplikasi vervalpd oleh operator sekolah/madrasah. Dengan melampirkan scan dokumen yang resmi yang diupload pada situs web VervalPD.

Untuk memperbaiki data NISN ini ada dua tahapan yang harus dilalui yaitu dari sisi operator sekolah dan admin PSDPK.

  1. Operator Sekolah

Jika terdapat siswa memiliki NISN ganda, pastikan kedua NISN tersebut milik siswa yang sama, dengan melakukan pengecekan di laman nisn.data.kemdikbud.go.id Kemdikbud. Ajukan perbaikan NISN yang akan dipakai dengan melampirkan scan dokumen ijazah yang mencantumkan NISN tersebut melalui aplikasi verval PD, caranya adalah:

  • Menu edit data NISN
  • Pengajuan
  • NISN
  • Selanjutnya menunggu persetujuan dari PDSPK

Jika NISN peserta didik yang tertera di ijazah berbeda dan ternyata milik peserta didik lain maka operator sekolah melakukan pengecekan melalui situs NISN Kemdikbud. Pencarian dilakukan berdasarkan nama, tempat, tanggal lahir, dan ibu kandung.

Operator sekolah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk membuat surat keterangan yang menyatakan bahwa NISN yang benar adalah NISN yang ada pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id

  1. Operator Pusat (PDSPK)

Setelah operator sekolah melakukan pengajuan, maka Admin atau operator PDSPK melakukan pengecekan atau pemeriksaan pengajuan perbaikan NISN melalui website verval PD. Selain pengecekan dokumen yang dilampirkan, operator PDSPK akan melakukan verifikasi terkait kepemilikan NISN di data arsip.

Jika pengajuan perbaikan NISN disetujui, maka sistem secara otomatis memperbarui NISN di verval PD dan di Dapodik. Jadi jika NISN di Ijazah berbeda dengan NISN di dapodik maka, langkah yang harus dilakukan adalah dengan memastikan NISN yang tercantum di ijazah valid atas nama siswa yang bersangkutan melalui laman NISN Kemdikbud

Jika valid hubungi operator sekolah untuk mengajukan perubahan NISN melalui aplikasi vervalpd dengan melampirkan dokumen asli (Ijazah, Kartu NISN, Raport) yang bisa menunjukkan bahwa NISN tersebut memang telah digunakan oleh peserta didik yang bersangkutan.

  1. Solusi NISN Ganda

Pastikan kedua NISN tersebut atas identitas yang sama pada laman NISN Kemdikbud Jika kedua NISN yang ditemukan pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id adalah milik siswa yang sama, maka dapat dpilih salah satu NISN yang digunakan dengan mengajukan perubahan NISN melalui VervalPD oleh Operator Sekolah/Madrasah.

Pengajuan perubahan disertai dokumen resmi yang menunjukkan bahwa NISN memang atas nama siswa. Kemudian operator sekolah/madrasah memastikan kesamaan penggunaan NISN yang dipilih. Maksudnya adalah bahwa NISN tersebut harus sama antara data yang terdata di DAPODIK/EMIS, Vervalpd maupun program (UN, KIP, Bidikmisi, PDSS).

Jika NISN ganda terjadi antara sekolah awal dan terakhir yang berbeda setiap tingkat atau jenjang, siswa tersebut bisa berkoordinasi dengan Sekolah/Madrasah untuk membuat Surat Keterangan yang menyatakan NISN mana yang valid.

  1. NISN Ijazah Berbeda Dengan NISN DAPODIK/EMIS

Pastikan NISN yang tercantum di ijazah valid atas nama siswa yang bersangkutan dengan dicek melalui laman NISN Kemdikbud.

Jika valid, hubungi operator sekolah/madrasah untuk mengajukan perubahan NISN melalui aplikasi vervalpd dengan melampirkan dokumen asli (ijazah, kartu NISN, Raport) yang bisa menunjukkan bahwa NISN tersebut memang telah digunakan oleh yang bersangkutan.

  1. Perbedaan DAPODIK/EMIS dengan Aplikasi VervalPD

Pastikan sinkronisasi data yang dilakukan oleh operator sekolah/madrasah berhasil dengan memeriksa kesesuaian hasil sinkronisasi data melalui situs manajemen DAPODIK untuk Sekolah, dan EMIS 4.0 untuk Madrasah

Pastikan setelah melakukan verifikasi dan validasi data melalui aplikasi vervalpd, operator sekolah melakukan sinkronisasi ulang agar hasil verval masuk ke aplikasi DAPODIK Sekolah atau EMIS Madrasah. Jika belum ada perubahan, maka diperlukan waktu untuk integrasi antara DAPODIK/EMIS, dan Vervalpd.

Penting! Jika NISN berubah menjadi angka 3 di depan, maka mau tidak mau harus memakai NISN tersebut yang memang sudah diberikan oleh admin pusat PSDPK.

Kriteria NISN Siswa Valid

NISN siswa bisa dikategorikan valid apabila memenuhi unsur-unsur berikut ini:

  1. NISN unik dan tunggal
  2. NISN bukan atas nama siswa lain
  3. NISN valid terdaftar pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id

Demikianlah penjelasan tentang solusi serta cara mengatasi masalah siswa yang nisn tidak ditemukan, ganda dan tidak valid di Website nisn.data kemdikbud.go.id dan Verval PD, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.